Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syarat jadi Nasabah Prioritas BCA, Bank Mandiri, dan BRI, Butuh Saldo Berapa?

BCA, Bank Mandiri, dan BRI memiliki syarat agar nasabah bisa menjadi nasabah prioritas dan mendapatkan layanan istimewa.
Karyawan melayani nasabah Prioritas di Cabang Mandiri Prioritas Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (7/10/2020).  Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan melayani nasabah Prioritas di Cabang Mandiri Prioritas Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (7/10/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Sesuai dengan namanya, nasabah prioritas merupakan nasabah bank yang mendapatkan layanan istimewa atau diutamakan daripada yang lain.

Nasabah prioritas akan mendapatkan pelayanan khusus, yang tidak didapatkan oleh nasabah biasa, misalnya tidak perlu antri dalam mendapatkan pelayanan bank.

Selain itu, nasabah prioritas akan dilayani di ruangan khusus yang nyaman serta disuguhi makanan atau minuman ringan. Nasabah prioritas juga bisa mendapatkan proses pengajuan kredit yang lebih cepat dengan promo bunga spesial.

Untuk menjadi nasabah prioritas, masing-masing bank memiliki syarat yang harus dipenuhi nasabah. Namun, secara umum bank mematok nasabah harus memiliki dana simpanan minimum sesuai dengan ketentuan.

Saat ini, nilai simpanan nasabah prioritas di perbankan Indonesia terus bertambah. Hal ini terlihat dari laporan dari LPS yang menunjukkan simpanan nasabah kaya di atas Rp5 miliar tumbuh 8,6 persen yoy.

Jenis simpanan ini juga mendominasi dana pihak ketiga (DPK) perbankan, yaitu senilai Rp4.232 triliun atau setara 52,6 persen dari total simpanan bank senilai Rp8.050 triliun.

Berikut syarat saldo minimum untuk menjadi nasabah prioritas di BCA, Bank Mandiri, dan BRI:

BCA

Dilansir dari situs prioritas.bca.co.id, BCA memiliki ketentuan baru keanggotaan BCA Prioritas per 1 Mei 2023.

Nasabah harus memiliki total rata-rata saldo simpanan (tabungan+ giro+ deposito) dan investasi dalam 3 bulan terakhir minimal Rp1 miliar. Tidak hanya itu, nasabah juga tidak termasuk ke dalam kategori non-performing loan alias tidak memiliki kredit bermasalah di Bank BCA.

BCA dapat mengakhiri ketentuan anggota BCA Prioritas apabila nasabah terkena biaya layanan BCA Prioritas sebanyak 6 kali dalam periode 12 bulan. Agar tidak terkena biaya layanan, nasabah prioritas BCA harus memenuhi minimal total rata-rata saldo simpanan dan investasi yang telah ditentukan.

Keanggotaan BCA Prioritas juga berakhir jika tingkat kolektibilitas kredit nasabah menurun menjadi Kurang Lancar, Diragukan, dan Macet, serta nasabah tersangkut kasus pidana dan telah ditetapkan sebagai terpidana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper