Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Syariah Siapkan Produk Unik demi Gaet Nasabah Berkantong Tebal

Potensi pasar muslim sangatlah besar, dan produk yang unik dan tidak ada di perbankan konvensional justru akan menjadi nilai tambah di mata nasabah.
Karyawan melayani nasabah di Kantor Pusat Bank Muamalat, Jakarta, Senin (7/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan melayani nasabah di Kantor Pusat Bank Muamalat, Jakarta, Senin (7/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Beragam cara dilakukan perbankan syariah demi keluar dari small banking trap, salah satunya dengan membidik nasabah berkantong tebal.

Pasalnya, sejumlah bankir menilai potensi pasar muslim sangatlah besar, dan produk yang unik dan tidak ada di perbankan konvensional justru akan menjadi nilai tambah di mata nasabah.

Apalagi, sejumlah bankir Tanah Air menilai bisnis pengelolaan kekayaan dengan prinsip syariah adalah konsep yang masih cukup baru, sehingga ini bisa menjadi solusi keuangan yang memenuhi standar syariah kepada nasabah potensial.    

Saat ini, berdasarkan laporan Statistik Perbankan Indonesia (SPI) OJK, dari sisi nilai total aset perbankan syariah sampai dengan Juni 2023 sebesar Rp801,68 triliun, naik dibandingkan dengan posisi Juni 2022 sebesar Rp703,55 triliun.  

Jika diukur secara persentase, pertumbuhan aset perbankan syariah pada Juni 2023 tercatat 7,63 persen, tumbuh tipis dari yang sebelumnya 7,14 persen pada Juni 2022 dari total industri perbankan.

Sementara, secara bulanan pertumbuhan aset bank syariah pun terlihat stagnan. Terbukti, pada 7,35 persen pada Januari, lalu bergerak 7,4 persen pada Februari, dilanjutkan menjadi 7,6 persen pada Maret, kemudian 7,58 persen pada April, hingga besaran aset syariah menyentuh 7,59 persen pada Mei 2023.

Bahkan, apabila ditarik ke belakang sejak 2020, pangsa pasar syariah hanya menyentuh 6,76 persen, disusul pada 2021 yang baru bisa menyentuh digit baru, yakni tujuh persen.

Menurut, Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara, alasan market share perbankan syariah masih di kisaran level di 7 persen lantaran terbatasnya daya saing bank syariah dibandingkan dengan perbankan konvensional.

“Kalau kita hanya tawarkan produk musyarakah, itu [produk] padanannya di perbankan konvensional banyak, kita perlu produk unik yang bisa menarik nasabah untuk dekat dengan kita,” ujarnya dalam agenda virtual Sustainable SOE & Islamic Business Forum 2023, Rabu (27/9/2023).

Lebih lanjut, Pandji menilai tren bisnis wealth management pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Di mana, per September 2023, pertumbuhan fee bisnis di segmen ini mengalami kenaikan lebih dari 100 persen dari periode yang sama tahun lalu.

“Sejak layanan CIMB Preferred Syariah diluncurkan pada 2021, jumlah nasabah baru syariah mengalami kenaikan sebesar 300 persen,” ujarnya pada Bisnis, Selasa (3/10/2023).

Tercatat, nilai dana kelolaan wealth management syariah per September 2023 tercatat sebesar Rp6 triliun yang berasal dari penjualan sukuk, reksadana, dan asuransi syariah

Adapun, dirinya menuturkan untuk terus memberikan nilai tambah kepada nasabah, CIMB Niaga Syariah terus melakukan sederet inovasi.

Mulai dari layanan dari Relationship Manager, layanan digital seperti Octo Clicks dan Octo Mobile hingga transaksi jual beli produk Investasi nasabah juga dapat memonitor seluruh portfolionya yang ada di CIMB Niaga Syariah melalui kanal digital.

Bahkan, untuk membedakan sejumlah produk keuangan di perbankan lain, Pandji menuturkan pihaknya menawarkan produk asuransi syariah untuk pasangan suami dan istri sekaligus hanya dengan satu polis.

“Selain itu kami juga memiliki produk asuransi dengan investasi yang dapat membantu nasabah untuk berinvestasi untuk persiapan dan pelunasan dan haji yang juga sekaligus memberikan asuransi jiwa dengan tambahan uang pertanggungan jika resiko terjadi saat nasabah sedang berangkat umrah/ haji,” sebutnya.

Tidak hanya itu, dia menyebut, saat ini CIMB Niaga Syariah sedang memproses layanan distribusi waris bagi nasabah Preferred Syariah di mana ketiganya ini akan menjadi yang pertama ada di market.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper