Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Asuransi AXA jadi Target Produk Boikot Terkait Israel, Manajemen Buka Suara

Asuransi AXA menilai gerakan boikot yang ditujukan kepada perusahaan oleh DBS sebagai tindakan tidak tepat.
Karyawan memotret logo-logo asuransi jiwa di Jakarta, Minggu (15/10/2023). - Bisnis/Abdurachman
Karyawan memotret logo-logo asuransi jiwa di Jakarta, Minggu (15/10/2023). - Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Manajemen PT AXA Mandiri Financial Services buka suara terkait aksi boikot produk pro Israel yang dikeluarkan Boycott, Divestment, & Sanctions atau BDS Movement. Salah satu produk yang masuk ke dalam kategori boikot adalah AXA.

Chief Communication Officer AXA Mandiri Financial Services Atria Amino Rai menyatakan bahwa AXA Group tidak mendukung agresi militer. Artinya, Atria memastikan bahwa AXA Group bukan merupakan produk yang mendukung Israel atau bukan pro Israel.

“Dari AXA Group bahwasanya tidak benar kabar yang dikeluarkan DBS, bahwa kami mendukung agresi militer atau pendudukan teritori di Israel,” kata Atria saat ditemui di Jakarta usai konferensi pers AAJI, Rabu (29/11/2023).

Atria menekankan bahwa AXA Group melakukan bisnis dan produk yang dikeluarkan sudah sangat mematuhi (comply) dengan semua aturan yang juga mengikuti norma-norma internasional, khususnya dalam penegakan hak asasi manusia (human rights).

“Jadi berita itu [masuk dalam list DBS] tidak benar, dan sama sekali AXA tidakm endukung adanya agresi militer, dan kami sangat comply dalam melakukan bisnis, termasuk produk dan lainnya itu sesuai dengan peraturan yang berlaku maupun dari undang-undang internasional dan penegakan hak asasi manusia. Tidak sama sekali, tidak sama sekali [pro Israel],” pungkasnya.

Gerakan aksi boikot terhadap perusahaan yang terkait atau mendukung Israel secara global dijalankan melalui BDS Movement. Produk  ini terbagi menjadi empat bagian, yakni consumer boycott targets, divestment targets, pressure (non-boycotts) targets, dan organic boycott targets.

Pertama, consumer boycott target merupakan aksi boikot sepenuhnya terhadap sebuah produk karena rekam jejak perusahaan pemilik produk yang telah terbukti mendukung Israel. Beberapa perusahaan yang termasuk dalam kategori boikot ini diantaranya adalah Siemens, Puma, Carrefour, AXA, Hewlett Packard atau HP, dan lainnya.

Kedua, divestment targets adalah aksi menekan pemerintah, institusi, dan lembaga investasi untuk mengeluarkan investasinya (divestasi) dari perusahaan-perusahaan yang terbukti terlibat mendukung pendudukan Israel terhadap Palestina.

Perusahaan-perusahaan ini berada di beragam sektor, mulai dari perbankan, manufaktur, hingga produsen senjata api.

Sejumlah perusahaan yang termasuk dalam sasaran divestment targets di antaranya HD Hyundai, Volvo, Barclays, Chevron, CAF, dan lain-lain.

Ketiga, pressure (non-boycott) targets merupakan gerakan untuk mendukung sebuah produk atau layanan untuk mengakhiri dukungannya secara langsung kepada Israel.

Produk atau layanan yang termasuk pada kategori ini belum secara langsung diboikot oleh lembaga BDS Movement. Google, Amazon, Airbnb, Expedia, dan Disney merupakan beberapa contoh entitas yang masuk dalam kategori boikot ketiga ini.

Adapun terakhir, organic boycott targets. Sasaran boikot pada produk atau layanan ini tidak secara langsung dilakukan oleh BDS Movement.

Namun, BDS Movement mendukung adanya boikot terhadap produk atau layanan tersebut karena dukungannya terhadap genosida yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Beberapa contoh sasaran boikot pada kategori keempat ini adalah McDonald’s, Burger King, Pizza Hut, Papa John’s. dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper