Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Blak-blakan soal Potensi BCA dan Bank Mandiri Luncurkan Paylater

OJK ungkap potensi bisnis yang bisa diraih oleh bank seperti BCA hingga Bank Mandiri yang luncurkan fitur paylater.
Ilustrasi seseorang menggunakan fitur paylater. Dok Freepik
Ilustrasi seseorang menggunakan fitur paylater. Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah bank jumbo, seperti PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), merilis fitur paylater atau buy now paylater di platform digital mereka. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun membeberkan potensi bisnis dari paylater bagi bank.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan penyaluran kredit di produk paylater masuk ke pada jenis kredit konsumer. Adapun, kinerja bisnis konsumer sendiri saat ini memang sedang moncer.

Berdasarkan data OJK, kredit konsumsi tumbuh stabil setelah pandemi Covid-19 jika dibandingkan kredit modal kerja dan kredit investasi. Per Oktober 2023, kredit konsumsi tumbuh 9,28% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp1.895 triliun. 

"Aktivitas konsumsi merupakan roda penggerak utama dari perekonomian indonesia dan perkembangan aktivitas konsumsi masyarakat indonesia hampir terisolasi atau tidak terlalu terpengaruh dengan ketidakpastian perekonomian global yang saat ini sedang berlangsung," kata Dian dalam jawaban tertulis pada Senin (12/11/2023).

OJK juga melihat bahwa tren penyaluran kredit konsumsi yang terus tumbuh akan mendorong perbankan untuk meningkatkan penyaluran paylater yang dibantu dengan pemanfaatan teknologi informasi (IT), khususnya melalui aplikasi digital. 

Lebih lanjut, OJK mendorong ekspansi perbankan di segmen bisnis paylater sebagai upaya perbankan untuk menyediakan penyaluran kredit konsumtif yang semakin menjangkau masyarakat luas dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

"OJK menilai perkembangan bisnis paylater akan membantu bagi mereka kelas menengah ke bawah dalam memenuhi berbagai keperluan. Bahkan, kemungkinan tidak hanya ke konsumtif, tapi bisa ke produktif," imbuhnya. 

Sebagaimana diketahui, sejumlah bank gencar meluncurkan produk paylater di platform digital. Bank Mandiri (BMRI) misalnya akan meluncurkan produk paylater mereka yakni Livin' Paylater pada bulan ini.

"Rilis ke seluruh pengguna yang eligible akan dilakukan di bulan ini [Desember 2023]," kata Direktur Teknologi Informasi Bank Mandiri Timothy Utama kepada Bisnis pada pekan lalu (5/12/2023).

Sebelum Bank Mandiri, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) telah terlebih dahulu meluncurkan produk paylater di mobile banking yakni Paylater BCA.

Selain itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) berencana meluncurkan fitur paylater di platform digital mereka tahun depan. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) juga akan meluncurkan produk paylater di super app mereka, yakni BTN Mobile.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper