Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beli Asuransi Lewat Insurtech, Intip Janji Igloo

Igloo menyebut hanya berperan sebagai jembatan dalam pembayaran klaim nasabah. Meski demikian perusahaan akan berusaha membatu pengurusan klaim.
Ilustrasi logo insurtech Igloo.
Ilustrasi logo insurtech Igloo.

Bisnis.com, JAKARTA — Platform penjuaan asuransi berbasis teknologi atau insurtech Igloo menyampaikan mengandalkan perusahaan mitra dalam memastikan pembayaran klaim nasabah. 

Country Manager Igloo Indonesia Henry Mixson mengatakan bahwa pihaknya bertindak seperti pialang berbasis teknologi (insurtech) dengan demikian Igloo bukan sebagai perusahaan asuransi. Untuk memastikan pembayaran klaim nasabah, maka pihaknya bekerja sama dengan mitra perusahaan asuransi untuk memfasilitasi proses klaim dari hulu hingga ke hilir.

“Saat ini kami menerima klaim melalui saluran layanan pelanggan kami dan memiliki prosedur operasi standar [SOP],” kata Henry kepada Bisnis, dikutip pada Minggu (18/2/2024).

Henry menyampaikan bahwa SOP tersebut terdiri dari dengan mencatat keluhan/pertanyaan dalam sistem pelacakan (Helpdesk System). Kemudian, melakukan klasifikasi berdasarkan isu yang dihadapi pelanggan seperti klaim, kebijakan, serta layanan pelanggan.

“Menugaskan tim yang tepat untuk menyelidiki dan menyelesaikannya, serta menghubungi pemegang polis untuk mengkonfirmasi penerimaan dan mendiskusikan masalah,” ujarnya.

Selain itu, Henry menjelaskan bahwa Igloo juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi atau pihak ketiga jika diperlukan untuk menyelesaikan perselisihan.

“Kami juga merekam hasil resolusi dan linimasa dan menganalisis tren keluhan untuk mengidentifikasi perbaikan proses,” tambahnya.

Lebih lanjut, Henry menambahkan bahwa Igloo juga memantau metrik utama mengenai kepuasan pelanggan dan waktu penyelesaian.

“Untuk memastikan penyelesaian masalah klaim yang memuaskan, kami bekerja sama dengan mitra perusahaan asuransi untuk memastikan pelanggaran SLA, jika dan ketika terjadi, dapat diatasi,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Henry menuturkan bahwa proses-proses ini telah menghasilkan rata-rata CSAT bulanan (skor kepuasan pelanggan) sebesar 90% dan skor rata-rata triwulanan sebesar 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper