Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bunga Deposito BPR 2024 Lebih Tinggi dari BCA & Bank Mandiri Cs, Cek di Sini!

Berikut bunga deposito BPR 2024 yang ditawarkan sejumlah bank perekonomian rakyat, lebih tinggi dibandingkan dengan bank umum seperti BCA dan Mandiri.
Ilustrasi bunga deposito BPR 2024/Freepik
Ilustrasi bunga deposito BPR 2024/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Bank perekonomian rakyat (BPR) memiliki penawaran bunga simpanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bank umum seperti BCA dan Bank Mandiri untuk menarik nasabah. Simak di artikel ini bunga deposito BPR 2024.

Hal tersebut disebabkan karena Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menetapkan tingkat bunga penjaminan BPR di atas tingkat bunga pinjaman bank umum.

Berdasarkan keputusan LPS, sejak 1 Februari 2024 hingga 31 Mei 2024, tingkat bunga penjaminan di bank umum berada di angka 4,25% untuk simpanan rupiah dan 2,25% untuk simpanan valuta asing (valas). Sementara, untuk BPR ditetapkan sebesar 6,75%.

Artinya, simpanan nasabah di bank umum yang dijamin LPS harus maksimal 4,25%. Sementara, simpanan nasabah di BPR dengan bunga 6,75% tetap dijamin LPS.

LPS mencatat bahwa suku bunga simpanan berjangka atau deposito rata-rata industri bank umum per Januari 2024 sudah mencapai level 4,59%.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan di bank umum terjadi persaingan ketat penawaran suku bunga simpanan tinggi untuk meraup nasabah. "Karena kompetisi, mereka memberikan iming-iming dengan bunga simpanan tinggi," katanya pada beberapa waktu lalu.

Sementara, di BPR, sejumlah BPR terutama beraset jumbo menawarkan suku bunga simpanan di atas suku bunga industri bank umum. Namun, bunga simpanan di BPR tetap berada di bawah tingkat bunga penjaminan LPS. Artinya, bunga tinggi yang ditawarkan BPR tetap aman.

Meskipun demikian, Perencana Keuangan Ahmad Gozali mengatakan untuk bisa menyimpan dana dengan aman dan menguntungkan, pastikan sebelum menyimpan dana, nasabah sudah mengetahui legalitas dari BPR, salah satunya dengan melakukan cross check di website OJK. 

Dirinya menyampaikan penting untuk memilih BPR yang memiliki rekam jejak yang baik dan tidak ada masalah dengan likuiditas.

Lalu, pastikan penempatan dana tidak melebihi ketentuan LPS yaitu maksimal Rp2 miliar per nasabah per bank.

“Suku bunga tinggi memang menggiurkan, tapi ingat batas yg dijamin LPS maksimal 6,75% untuk BPR,” ucapnya. 

Terakhir, bagi Ahmad penting untuk menyesuaikan tenor penempatan dana dengan jadwal penggunaan dana agar tidak putus di tengah jalan. 

Berikut penawaran bunga deposito di sejumlah BPR 2024:

1. BPR Eka Bumi Artha

Berdasarkan laman resminya, BPR Eka Bumi Artha menawarkan bunga deposito dengan bunga 5% hingga 5,25% pada berbagai tenor mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Adapun, minimum saldo menyimpan pada produk deposito BPR Eka Bumi Artha adalah Rp1 juta.

2. BPR Lestari Bali

Berdasarkan laman resminya, BPR Lestari menawarkan bunga deposito mulai dari 3,75% hingga 5,25% dengan jangka waktu simpanan maksimal 3 bulan. Sementara, penempatan minimal Rp8 juta.

3. BPR Surya Yudhakencana

Berdasarkan laman resminya, BPR Surya menawarkan bunga deposito 4% hingga 6,75%. Pilihan jangka waktu yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan dengan dapat dilakukan perpanjangan secara otomatis. Setoran minimal di produk depisito BPR ini adalah Rp1 juta.

4. BPR Hasamitra

BPR Hasamitra memiliki produk deposito bernama Si Deka Online yang menawarkan bunga mulai dari 4,75% hingga 6,25%. Sementara, minimum penempatan di produk tersebut Rp1 juta.

5. BPR Modern Express

Berdasarkan laman resminya, BPR Modern Express menawarkan bunga deposito lebih tinggi 2,5% dari bank umum dan dijamin LPS. Jangka waktu penempatan 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan. Minimum penempatan adalah Rp1 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper