Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paling Tinggi 9%, Simak Bunga Deposito Bank Digital Terbaru!

Bank digital menyesuaikan kondisi suku bunga termasuk simpanan untuk menjaga margin yang sehat. Berikut ini info suku bunga deposito bank digital terbaru.
Ilustrasi bank digital./ Dok Freepik
Ilustrasi bank digital./ Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Suku bunga deposito di industri perbankan masih mengalami naik turun tiap tenornya. Bagaimana kondisinya di bank digital seperti PT Bank Neo Commerce Tbk. (BYBB) dan PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) yang terkenal memberi bunga deposito tinggi?

Berdasarkan laporan Analisis Uang Beredar yang dirilis Bank Indonesia (BI), suku bunga simpanan berjangka atau deposito masih meningkat pada sejumlah tenor.

"Pada tenor 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan, masing-masing sebesar 5,39%, 5,67%, dan 5,8% pada Februari 2024, setelah pada Januari 2024 masing-masing tercatat sebesar 5,38%, 5,62%, dan 5,76%," tulis BI dalam laporannya pada beberapa waktu lalu (22/3/2024).

Meski begitu, pada tenor lainnya, bunga deposito terpantau menyusut. Suku bunga deposito tenor 1 bulan dan 24 bulan pada Februari 2024 tercatat menurun, masing-masing sebesar 4,6% dan 3,81%, setelah tercatat sebesar 4,66% dan 3,87% pada bulan sebelumnya.

Dinamika suku bunga deposito perbankan terjadi di tengah upaya BI menahan laju suku bunga acuannya di level 6% mengacu Rapat Dewan Gubernur Maret (RDG) BI 2024 pada 19 Maret 2024 dan 20 Maret 2024.

Sebelumnya, BI telah mempertahankan suku bunga acuan selama 4 bulan sejak dinaikkan terakhir pada Oktober 2023 sebesar 25 basis poin (bps). BI memproyeksikan akan adanya penurunan suku bunga acuan pada tahun ini.

"Kami melihat ruang terbuka penurunan BI rate di semester II/2024. Bisa maju, bisa mundur, faktor-faktor penentu salah satunya inflasi," ujar Perry dalam konferensi pers RDG BI pada beberapa waktu lalu (20/3/2024).

Seiring proyeksi penurunan suku bunga acuan, sejumlah bank digital di Indonesia ancang-ancang menyiapkan penyesuaian, termasuk untuk bunga depositonya.

PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) misalnya menyesuaikan kondisi suku bunga termasuk simpanan dengan mengikuti perkembangan kondisi pasar untuk menjaga margin yang sehat.

Pjs Direktur Utama Bank Neo Commerce Aditya Windarwo mengatakan Bank Neo Commerce juga tetap menjalankan strategi dan kedisiplinan mitigasi risiko atas penyesuaian suku bunga itu.

“Hal ini dilakukan dalam menghadapi kondisi keuangan dunia yang menantang di tahun 2024 dan tahun-tahun selanjutnya,” katanya kepada Bisnis pada awal tahun ini (19/1/2024).

Direktur Utama PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO) Ida Bagus Ketut Subagia mengatakan melakukan penyesuaian suku bunga secara berkala sesuai dengan ketentuan dan kebijakan pemerintah serta kondisi pasar.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Bank Jago Tbk (ARTO) Arief Harris Tandjung mengatakan terdapat sejumlah langkah penyesuaian suku bunga simpanan yang dilakukan Bank Jago.

"Ada kok penyesuaian, tapi enggak banyak. Kira-kira naik 0,25 basis poin [bps], ini sudah berlaku," katanya pada akhir tahun lalu (9/11/2023).

Meski begitu, Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan pada tahun ini, tren bunga tinggi bank digital memang masih akan terjadi, bahkan kondisi ini berlangsung hingga tiga tahun ke depan.

“Apalagi, tren perebutan dana di pasar makin ketat karena bank juga harus bersaing dengan surat utang pemerintah yang bunganya tinggi,” ujarnya kepada Bisnis pada beberapa waktu lalu. 

Berikut penawaran bunga deposito di deretan bank digital:

1. Bank Jago 

Bank Jago menawarkan bunga deposito 5% per tahun. Nasabah dapat mengunci uang dengan tenor 1, 3, 6 atau 12 bulan. Adapun, minimal simpanan nasabah di bank digital ini adalah Rp1 juta.

2. Allo Bank

PT Allo Bank Tbk. (BBHI) menawarkan deposito dengan suku bunga mulai 4% hingga 6%. Pilihan jangka waktu simpanan deposito ini adalah 1 bulan hingga 2 tahun. Minimum setoran awal adalah Rp1 juta. 

3. SeaBank

SeaBank menawarkan produk deposito dengan suku bunga mencapai 6% per tahun, dan jatuh tempo mulai dari 1, 3 dan 6 bulan. Nasabah dapat membuka deposito minimal saldo Rp1 juta. Adapun, penempatan deposito relatif dalam jangka waktu singkat, mulai dari 1 bulan.

4. Superbank

Bank digital milik PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) yakni Superbank memiliki produk simpanan tabungan utama dan saku yang menawarkan bunga 6%.

5. Bank Neo Commerce 

Bank Neo Commerce menawarkan produk deposito bernama Neo WOW. Berdasarkan laman resminya, per 15 Oktober 2023, Bank Neo Commerce menawarkan bunga di produk simpanan ini hingga 8%. 

Jangka waktu pengambilan simpanan mulai dari 7 hari, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Adapun, minimum setoran dana adalah Rp100.000.

6. Bank Saqu

Layanan bank digital besutan PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) yang dimiliki oleh Astra Financial dan WeLab yakni Bank Saqu menawarkan produk deposito bernama Busposito. Pada produk tersebut nasabah dimungkinkan membuka deposito bersama. Semakin banyak yang terlibat, semakin tinggi tawaran bunganya. Bunga simpanan dimulai dari 4% hingga 8%.

7. Krom Bank

Bank digital besutan Kredivo Group yakni PT Krom Bank Indonesia Tbk. (BBSI) menawarkan produk simpanan dengan suku bunga tinggi, 8,75%.

8. Bank Amar

Berdasarkan laman resminya, Bank Amar menawarkan keuntungan bunga tabungan yang kompetitif yaitu hingga 5,5% dan 9% untuk produk deposito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper