Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beban Penurunan Nilai Aset Keuangan Sejumlah Bank Digital Membengkak, Ada Apa?

Terdapat sejumlah bank digital, seperti SeaBank dan Bank Neo, yang mencatatkan pembengkakan beban penurunan nilai aset keuangan (impairment) sepanjang 2023.
Ilustrasi bank digital. /Freepik
Ilustrasi bank digital. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah bank digital, seperti bank milik Sea Group PT Bank Seabank Indonesia dan PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB), mencatatkan beban atau kerugian penurunan nilai aset keuangan (impairment) yang membengkak pada 2023. Terkait hal tersebut, ada risiko yang mengintai.

Berdasarkan laporan keuangan, SeaBank mencatatkan impairment Rp4,45 triliun pada 2023, membengkak 60,64% secara tahunan (year on year/yoy) dibandingkan tahun sebelumnya Rp2,77 triliun.

Bank Neo Commerce atau BNC juga mencatatkan pembengkakan impairment 151,44% yoy menjadi Rp2,68 triliun pada 2023, dibandingkan dengan impairment tahun sebelumnya Rp1,06 triliun. 

Bank digital besutan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), yakni Hibank membukukan pembengkakan impairment hampir empat kali lipat atau 282,82% yoy meskipun nilainya minim yakni Rp34,05 miliar.

PT Krom Bank Indonesia Tbk. (BBSI) besutan Kredivo Group mencatatkan impairment yang membengkak menjadi Rp156,6 miliar pada 2023.

Impairment Bank Jago Tbk (ARTO) juga sebenarnya meningkat, tetapi tipis dari Rp392,66 miliar pada 2022 menjadi Rp401,3 miliar pada 2023. PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) juga mencatatkan peningkatan impairment dari Rp44,26 miliar menjadi Rp47,94 miliar.

Kondisi impairment atau penurunan nilai ini sendiri terjadi saat nilai aset yang tercatat, kurang dari nilai yang tercantum di neraca awal. Aset yang mengalami penurunan nilai akan berdampak pada kerugian laba. 

Pembengkakan impairment juga membuka jalan pemburukan kualitas aset bank atau peningkatan kredit bermasalah. Dengan adanya risiko tersebut, bank kemudian menyisihkan pencadangan lebih besar.

Seiring dengan itu, cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN) aset keuangan terhadap aset produktif sejumlah bank digital memang tercatat membengkak.

SeaBank misalnya jadinya membukukan CKPN aset keuangan terhadap aset produktif di level yang tinggi yakni 9,05% pada 2023, dibandingkan 5,77% pada 2022 atau membengkak 328 basis poin (bps).

CKPN aset keuangan terhadap aset produktif di BNC pun membengkak 209 bps dari 1,94% pada 2022 menjadi 4,03% pada 2023.

Beban Penurunan Nilai Aset Keuangan Sejumlah Bank Digital Membengkak, Ada Apa?

Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang Bank Neo Commerce di Jakarta, Rabu (5/1/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Krom Bank juga mencatatkan peningkatan CKPN aset keuangan terhadap aset produktif dari hanya 0,22% pada 2022 menjadi 4,67%.

CKPN sendiri merupakan penyisihan yang dibentuk berdasarkan penurunan nilai tercatat aset keuangan.

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin mengatakan faktor yang mendorong terjadinya pembengkakan impairment bank digital adalah portofolio aset dari penyaluran kredit mereka yang kurang baik. "Jadi, pasti akan membengkak impairment-nya," ujar Amin kepada Bisnis pada Jumat (5/4/2024).

Dia menilai jeleknya portofolio kredit milik bank digital itu disebabkan karena skema penyaluran kredit yang tidak kompleks seperti bank konvensional. "Jelas karena bank digital random. Pengecekan tidak kompleks seperti bank lain. Meski prosesnya simpel dan banyak disukai, tapi ini [skema penyaluran kredit di bank digital] risikonya tinggi," kata Amin.

Apalagi menurutnya dengan skema channeling, menggaet platform teknologi keuangan (fintech), jika bank digital asal bermitra dan kualitas portofolio pinjaman fintech buruk, maka kualitas aset bank terpengaruh.

"Otomatis untuk tutup aset bermasalah, CKPN bank ditinggikan. Ini yang kemudian harus diperhatikan, NPL [nonperforming loan/NPL], in-efisiennya proses, kemudian harus mengantisipasi CKPN yang cukup gemuk," tutur Amin.

Sejumlah bank digital memang mengandalkan skema channeling dengan menggaet platform fintech dalam penyaluran kreditnya. Seabank misalnya bermitra dengan AdaKami, Rupiah Cepat, hingga EasyCash.

Adapun, perbankan memang gencar menggaet kerja sama dengan pinjol dalam penyaluran kredit. Berdasarkan data Statistik Fintech Lending yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), outstanding kredit pinjol yang bersumber dari bank mencapai Rp30,35 triliun pada Desember 2023, naik 45,56% yoy.

Beban Penurunan Nilai Aset Keuangan Sejumlah Bank Digital Membengkak, Ada Apa?

Seabank Indonesia./Istimewa

Seiring dengan itu, kualitas aset di pinjol memburuk. Tercatat, rasio kredit macet 90 hari atau TWP90 pinjol membengkak dari 2,78% pada Desember 2022 menjadi 2,93% pada Desember 2023.

Nilai kredit macet di atas 90 hari pinjol juga naik 22,35%, dari Rp1,42 triliun pada Desember 2022 menjadi Rp1,74 triliun pada Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper