Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WOM Finance (WOMF) Catat Pembiayaan Kuartal I/2024 Rp1,4 Triliun

Pada 2024, WOM Finance berencana untuk memperluas cakupan wilayah operasional perusahaan, khususnya di luar Pulau Jawa
Ilustrasi leasing kendaraan bermotor./ Dok Freepik
Ilustrasi leasing kendaraan bermotor./ Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA— PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOMF) atau WOM Finance mencatatkan total penyaluran pembiayaan baru sebesar Rp1,4 triliun pada kuartal I/2024.  

Direktur Keuangan WOM Finance Cincin Lisa Hadi mengatakan penyaluran pembiayaan pada kuartal I/2024 relatif stabil dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Perusahaan berhasil melakukan penyaluran pembiayaan baru pada kuartal I/2024 sebanyak Rp1,4 triliun, relatif stabil dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” tutur Cincin kepada Bisnis, Selasa (16/4/2024). 

Adapun produk pembiayaan multiguna MotorKu dan MobilKu masih berkontribusi paling banyak dalam penyaluran pembiayaan baru perseroan. Sementara dalam catatan Bisnis pada kuartal I/2023, perseroan mencatatkan pembiayaan sebesar Rp1,6 triliun yang mana meningkat 49,7% secara tahunan (year on year/yoy) dibandingkan periode yang sama pada 2022. 

Dengan demikian, pembiayaan baru perseroan pada kuartal I/2024 tersebut menurun dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023. Cincin menilai adanya jumlah hari kerja yang relatif lebih sedikit dibandingkan tahun lalu serta adanya momentum pemilihan umum (Pemilu) pada awal 2024 berpengaruh terhadap pertumbuhan bisnis perseroan. 

Namun demikian, perseroan optimistis dapat mencapai target yang telah ditetapkan pada akhir 2024. Adapun sampai akhir tahun, WOM finance menargetkan pembiayaan baru tumbuh 11% yoy menjadi Rp6,5 triliun. 

Untuk mencapai pertumbuhan tersebut, perseroan akan terus berekspansi dengan membuka kantor cabang fisik baru. Perseroan bahkan mengungkap rencana mendirikan kantor cabang fisik baru di luar Pulau Jawa.

“Pada 2024, perusahaan berencana untuk memperluas cakupan wilayah operasional perusahaan, khususnya di luar Pulau Jawa,” kata Cincin.  

Cincin menyebut pembangunan kantor fisik baru di luar Pulau Jawa merupakan strategi untuk mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan. Terutama memperluas titik bisnis di wilayah yang masih memiliki potensi, tetapi belum ada kantor cabang WOM Finance di daerah tersebut.

Hingga Desember 2023, WOM Finance melakukan penyaluran pembiayaan baru sebesar Rp5,8 triliun. Angka tersebut tumbuh 28% yoy apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022. 

Sementara untuk penyaluran pembiayaan baru pada periode Ramadan, Cincin mengungkap bahwa penyaluran pembiayaan menjelang Ramadan 2024 relatif meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Adanya kenaikan daya beli dan konsumsi masyarakat menjelang bulan Ramadan 2024 menurutnya menjadi salah satu faktor pendukung pertumbuhan bisnis perseroan menjelang bulan Ramadan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper