Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Allianz Syariah Beberkan Upaya Pengembangan Bisnis di Indonesia

Allianz Syariah menyebutkan tantangan mengembangan bisnis dalam segmen yang sesuai prinsip agama Islam ini adalah literasi
Pegawai melintas di depan logo Allianz ./Istimewa
Pegawai melintas di depan logo Allianz ./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia mengungkapkan produk perlindungan berbasis syariah semakin diterima di Indonesia. Tercatat berdasarkan data Road Map Perasuransian 2023 – 2027 yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada November 2023, pertumbuhan premi asuransi jiwa 1,89%.

Lebih terinci, premi asuransi jiwa konvensional tumbuh 0,9%. Sebaliknya, asuransi jiwa syariah mencatat pertumbuhan signifikan sebesar 15.7% dalam periode yang sama.

Meskipun demikian, pangsa pasar asuransi jiwa syariah masih lebih kecil dibandingkan dengan asuransi jiwa konvensional.

Jazilah Firdaus, Direktur Allianz Life Syariah mengungkap meski secara persentase terjadi pertumbuhan signifikan, nilai bisnis segmen ini masih relatif kecil.

Berbagai tantangan masih menghambat pertumbuhan asuransi jiwa syariah, seperti rendahnya literasi asuransi di kalangan masyarakat Indonesia serta kurangnya pemahaman dan kepercayaan terhadap asuransi syariah. Banyak masyarakat yang masih meragukan asuransi syariah dan menganggapnya hanya terbatas untuk umat Islam.

“Asuransi adalah bisnis kepercayaan. Oleh karena itu, membangun dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap asuransi jiwa syariah sangat krusial. Penting juga untuk membantu masyarakat memahami produk dan manfaat yang bisa diperoleh,” kata Jazilah dalam keterangan tertulis, Jumat (7/6/2024).

Dia menyebutkan seiring upaya meningkatkan penetrasi, sejak melakukan spin off resmi pada November 2023, Allianz Syariah konsisten dalam berbagai upaya meningkatkan literasi dan pemahaman asuransi syariah di Indonesia. Upaya ini termasuk mengubah persepsi masyarakat tentang asuransi syariah, bekerja sama dengan Dewan Pengawas Syariah (DPS) Allianz dan regulator untuk mensosialisasikan Fatwa Halal MUI tentang asuransi syariah, serta mempromosikan nilai universal kebaikan dari produk asuransi syariah melalui artikel edukasi dan konten media sosial.

"Para agen atau tenaga pemasar Allianz juga dibekali dengan pemahaman yang mendalam sehingga dapat memberikan edukasi yang tepat kepada publik," katanya.

Dia menjelaskan, Allianz Syariah menawarkan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi jiwa, asuransi jiwa mikro, unit linked, asuransi kesehatan hingga asuransi warisan. Dia mengatakan salah satu yang dilakukan adalah pemberian perlindungan asuransi jiwa syariah bratis bagi 10.000 masyarakat Indonesia yang dimulai sejak November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper