Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Tips Keuangan Frugal Living, Cocok Untuk Mahasiswa dan Freshgraduate

Salah satu tips hemat adalah mengetahui kemana uang masuk dan keluar.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.
Ilustrasi pengelolaan keuangan atau financial planning./ Dok Freepik.

6. Tabunglah Berapapun Nominalnya

Salah satu tips hidup hemat dasar yaitu, menabung secara manual ataupun digital. Berapa rupiah nominalnya tidak masalah, ini merupakan implementasi dari pepatah ‘sedikit demi sedikit menjadi bukit.’ Menabung juga memiliki banyak manfaat seperti dana darurat, anggaran untuk liburan, ataupun dana lainnya. Kegiatan ini merupakan bagian dari penghematan yang akan memberi anda kebebasan.

7. Saat Pendapatan Bertambah Jangan Ubah Gaya Hidup Jadi Konsumeris

Sebagai seorang mahasiswa atau freshgraduate apabila sudah bekerja dan mengalami kenaikan gaji, lakukanlah perayaan, hanya saja jangan jadikan kebiasaaan. 

Hidup sederhana dan hemat juga ditandai dengan mempertahankan kesederhanaan ketika pendapatan meningkat. Belajarlah menikmati sesuatu yang terbatas, sebab jika semuanya dibelanjakan, anda tidak akan mendapat ruang yang cukup untuk memaknai hal yang anda punya

8. Hindari Utang

Cara Hidup Berhemat adalah menghilangkan hutang, tidak ada yang lebih mencekik daripada terjepit oleh tumpukan saldo yang belum dibayar. Faktanya, membawa utang melawan sebagian besar konsep hidup hemat. Manfaat bebas utang sangat melegakan sehingga harus menjadi prioritas utama untuk menyelesaikan utang secepat mungkin, apabila sedang berhutang.

9. Manfaatkan Promo 

Elemen kunci untuk hidup hemat adalah berhati-hati dengan pengeluaran. Mengetahui produk. Membandingkan harga, memakai kupon promo adalah salah satu cara berhemat. Buat banyak keputusan yang bisa menghemat dan tentunya nyaman untuk diri anda. Tips baik untuk mahasiswa dan freshgraduate adalah berpikir dua kali sebelum membeli.

10. Menabung Bukan Dari Uang Sisa

Salah satu yang patut dilakukan adalah sistem menabung yang disisihkan dari uang yang didapat. Selama ini masih banyak  orang yang salah mengartikan bahwa menabung merupakan uang sisa dari kelebihan.

Namun, hal ini justru akan merusak rencana keuangan dan tidak akan mengalami kemajuan dengan cepat. Sisihkan uang saat anda pertama kali mendapatkannya, dan pakai uang sisa untuk oprasional Anda. (Enrich Samuel K.P)

 

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper