Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPJS Beroperasi 3 Bulan Lagi, Apa Saja Tantangannya?

Bisnis.com, BALI--- Sejumlah tantangan dianggap masih dihadapi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang bakal mulai beroperasi sekitar 3 bulan lagi atau pada 1 Januari 2014.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 17 September 2013  |  23:30 WIB

Bisnis.com, BALI--- Sejumlah tantangan dianggap masih dihadapi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang bakal mulai beroperasi sekitar 3 bulan lagi atau pada 1 Januari 2014.

Fachmi Idris, Direktur Utama PT Askes, memaparkan setidaknya ada tujuh tantangan yang masih dihadapi. Pertama, penyelesaian perangkat perundangan operasional program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan BPJS Kesehatan.

Kedua, kejelasan posisi kelembagaan BPJS terhadap lembaga atau institusi lain. Ketiga, persiapan fasilitas kesehatan termasuk standar-standar kesehatan. Keempat, persamaan pandangan semua pegawai mengenai implementasi BPJS.

“Kelima, tingkat awareness masyarakat terhadap program JKN dan BPJS Kesehatan masih rendah,” papar Fachmi di acara Forum Konsolidasi ke-IV BPJS di Kuta, Selasa (17/9/2013).

Tantangan lainnya adalah koordinasi lintas sektoral yang masih perlu diperkuat dan penciptaan citra yang positif terhadap program JKN dan BPJS Kesehatan.

PT Askes sebagai BUMN asuransi sosial akan berubah bentuk menjadi badan hukum publik pada 1 Januari 2014. Perusahaan ini mengklaim terus melakukan persiapan menjelang perubahan itu.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpjs askes
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top