Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

17 Regulasi Terkait BPJS Bakal Diumumkan Selasa (31/12/2013)

Setelah ditunggu dan diperdebatkan sekian lama, pemerintah memastikan 17 regulasi terkait Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) siap digunakan mulai 1 Januari 2014.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 31 Desember 2013  |  00:20 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah ditunggu dan diperdebatkan sekian lama, pemerintah memastikan 17 regulasi terkait Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) siap digunakan mulai 1 Januari 2014.

Kepastian itu diperoleh setelah Presiden RI menetapkan 17 regulasi yang terdiri dari 10 peraturan pemerintah (PP) dan 7 peraturan presiden (perpres) dan rencananya akan diumumkan pada Selasa (31/12/2013).

“Sudah selesai diharmonisasi dan sekarang sudah ditetapkan oleh presiden,” kata Direktur Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum Nasrudin kepada Bisnis, Senin (30/12/2013).

Nasrudin mengatakan masih ada rancangan peraturan yang hingga kini belum selesai yakni terkait program jaminan pensiun. Berdasarkan UU No.24/2011 tentang BPJS, program jaminan pensiun dijalankan BPJS Ketenagakerjaan pada Juli 2015. “Kemungkinan RPP nya selesai tahun depan,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Umum Serikat Pekerja Jamsostek Abdurrahman Irsyadi mengatakan sejumlah peraturan terkait BPJS itu belum melalui proses uji publik. “Belum ada dialog terbuka dengan serikat buruh yang ada,” katanya.

Dia berharap peraturan yang akan disahkan oleh presiden tersebut tidak merugikan buruh sebagai pihak yang akan mendapatkan jaminan sosial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jamsostek bpjs askes bpjs kesehatan bpjs ketenagakerjaan
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top