Investasi Baik di Bulan Baik

Ramadhan selalu menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Ramadhan selalu menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bulan ini adalah waktu yang tepat untuk berbuat lebih banyak kebaikan, mulai dari menyediakan makanan berbuka puasa sampai menyantuni fakir miskin dan membayar zakat.

Jika Anda adalah seorang pengusaha, pemilik bisnis, investor atau pemimpin perusahaan, ada kebaikan lain yang bisa Anda lakukan, yaitu melalui investasi. Namun, tentunya bukan sembarang investasi. Di bulan yang mulia ini, pilihlah investasi yang baik, yaitu yang mampu membawa dampak sosial ekonomi dan lingkungan yang besar. Investasi baik semacam ini bisa Anda temukan di Mekar.

Kalau Anda belum mengenal Mekar, ini saat yang tepat untuk mempelajari tentang perusahaan fintech besutan PT Sampoerna Wirausaha ini. Melalui websitenya, Mekar.id, perusahaan yang bergerak di bidang peer-to-peer lending ini ingin menghubungkan para pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia dengan para investor seperti Anda yang mencari alternatif investasi yang tidak hanya aman dan menguntungkan, tapi juga sungguh-sungguh membawa dampak yang baik.

Di website Mekar, investor yang terdaftar dapat membiayai pinjaman usaha kecil yang besarnya bervariasi mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 50 juta. Nilai pinjaman ini tentunya sangat terjangkau bagi investor individu; mereka bisa membiayai satu ataupun beberapa pinjaman sekaligus.

Untuk investasi dengan skala yang lebih besar, Anda atau perusahaan Anda dapat mendaftar sebagai investor institusi dan membiayai pinjaman-pinjaman secara massal (bulk) dalam sekali waktu. Skema investasi ini sangat tepat untuk Anda jadikan sebagai bagian dari program CSR perusahaan Anda. Dengan mengalihkan sebagian alokasi dana CSR ke dalam investasi pinjaman usaha melalui Mekar, perusahaan Anda akan ikut membantu pertumbuhan usaha-usaha kecil dari berbagai daerah di Indonesia.

Dengan berinvestasi melalui Mekar, Anda sebagai investor dapat menerapkan impact investing – investasi yang berdampak baik. Tahukah Anda bahwa sebagian besar dari 56 juta UMKM di Indonesia tidak memiliki akses ke pembiayaan bank? Bagi para pemilik usaha kecil, mendapatkan pembiayaan pinjaman usaha melalui Mekar dapat mengubah hidup mereka. Terlebih lagi, pertumbuhan UMKM pada skala lokal tentunya akan dapat mendorong juga kemajuan ekonomi di daerahnya.

Tidak hanya itu, Mekar melakukan seleksi ketat terhadap usaha-usaha kecil yang bisa mendapatkan pinjaman usaha melalui platform peer-to-peer lending yang inovatif ini. Seluruh UMKM yang pinjaman usahanya bisa Anda biayai melalui Mekar adalah usaha-usaha yang membawa dampak positif bagi kehidupan sosial masyarakat dan keberlanjutan lingkungan.

Inilah kelebihan investasi Mekar. Di Mekar, Anda tidak akan menemukan usaha-usaha yang bisnisnya adalah memasok barang ke situs-situs E-commerce, karena sebagian besar barang-barang tersebut bukan merupakan produksi anak bangsa dan memiliki dampak yang sangat sedikit atau bahkan negatif terhadap kehidupan dan perekonomian Indonesia. Di Mekar, Anda hanya akan menemukan usaha-usaha yang berada di Indonesia dan produksinya dikerjakan atau bekerja sama dengan para petani, peternak dan produsen dalam negeri. Usaha-usaha seperti inilah yang benar-benar bisa membawa perubahan yang berarti, dan investasi pinjaman usaha yang ditujukan bagi usaha-usaha ini tentunya merupakan investasi yang baik.

Investasi yang berdampak baik tidak berarti mengesampingkan potensi imbal hasil, keamanan ataupun kenyamanan berinvestasi. Mekar menawarkan imbal hasil yang cukup besar, yaitu sebesar 10% per tahun. Ini juga berarti para peminjam atau debitur di Mekar membayar bunga pinjaman yang relatif sangat rendah dan, dengan begitu, Mekar telah menciptakan sebuah bisnis yang sustainable.

Kekuatan model bisnis Mekar juga diperkokoh dengan adanya kerja sama dengan tiga koperasi besar di Indonesia, yaitu Koperasi Mitra Dhuafa, Maestro dan Abdi Kerta Raharja. Secara total per Desember 2016, ketiga koperasi ini memiliki lebih dari 360.000 orang peminjam dari seluruh Indonesia dan telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 2,67 Triliun.

Semua pinjaman yang ada di Mekar dan dapat Anda biayai berasal dari ketiga koperasi ini. Para peminjam adalah anggota koperasi yang usahanya telah terverifikasi dan telah melalui proses seleksi yang ketat. Ketiga koperasi mitra Mekar ini memiliki angka Non-Performing Loans (NPL) yang sangat rendah, rata-rata kurang dari 1%. Ini berarti para peminjam di Mekar hampir kesemuanya selalu mengembalikan pinjaman mereka secara tepat waktu.

Ketiga koperasi tersebut juga memberikan jaminan 100% atas nilai pokok investasi dari setiap investor, jadi Anda bisa nyaman melakukan investasi baik di bulan baik ini tanpa perlu takut akan kehilangan uang Anda.

Kenali Mekar lebih jauh, kunjungi https://mekar.id dan mulai investasi baik Anda sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Sumber : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper