Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FIT & PROPER TEST OJK: Ini Lima Program Agusman

Agusman, salah satu calon anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan untuk kepala eksekutif perbankan memaparkan beberapa programnya bila terpilih.
Agusman/Antara
Agusman/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Agusman, salah satu calon anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan untuk kepala eksekutif perbankan memaparkan beberapa programnya bila terpilih.

Agusman memaparkan dalam presentasi uji kelayakan di depan komisi XI DPR dengan judul penguatan dukungan perbankan terhadap perbaikan taraf hidup rakyat.

Dari segi visi, Agusman ingin menjadi pengawas perbankan terpercaya dan berhasil melindungi kepentingan kosnumen, serta mampu mendorong peninigkatan dukungan perbankan terhadap perbaikan taraf hidup rakyat.

Untuk misi, dia memaparkan akan melaksanakan pengawasan perbankan berdasarkan prinsip kehati-hatian untuk memastikan terlindunginya kepentingan konsumen, terjaganya stabilitas sistem keuangan, dan meningkatnya dukungan perbankan terhadap perbaikan taraf hidup rakyat.

Untuk mencapai visi dan misi itu, Agusman memiliki lima program utama. Pertama, mendorong peningkatan kredit pemberdayaan ekonomi rakyat dan usaha produktif. Salah satu yang akan dilakuakn yaitu melakukan terobosan dari sisi pengaturan untuk mendukung pemberdayaan ekonomi rakyat dan usaha produktif.

Kedua, menegakkan kedaulatan perbankan domestik yang dilakukan dengan revitalisasi peran bank pemerintah, transformasi BPD, penguatan perbankan syariah dan BPR, penguatan peran bank asing melalui inkorporasi KCBA, dan reformulasi arsitektur perbankan Indonesia dan percepatan konsolidasi perbankan.

Ketiga, memperkuat pengawasan perbankan dan penagwasan terintegrasi yang salah satu caranya dengan pembenahan pengaturan guna meminimalisir potensi moral hazard.

Keempat, meningkatkan perlindungan konsumen dengan melakukan penerapan azas kesetaraan dan keterbukaan antara bank dengan nasabah.

Kelima, meningkatkan koordinasi antar institusi dengan cara memperkuat dan sinergi dengan lembaga lain dalam lingkup KKSK yang terdiri dari BI, LPS, dan Kemenkeu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper