BJB & Bank Sampoerna Kerja Sama Berdayakan UMKM

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) bersama PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menjalin kerja sama untuk meningkatkan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Stefanus Arief Setiaji | 27 Februari 2018 14:01 WIB
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) bersama PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menjalin kerja sama untuk meningkatkan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Adapun, sinergi yang dijalankan kedua belah pihak dalam pemberian dan pengelolaan pinjaman kepada UMKM.

Dikutip dari siaran persnya, Selasa (27/2/2018), Direktur Mikro Bank Jabar Banten Agus Gunawan mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung pembiayaan ke UMKM yang dilakukan bersama dengan Bank Sampoerna. Paling tidak dana yang disiapkan BJB untuk mendukung UMKM dalam kerja sama ini sebesar Rp1 triliun

"Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen kedua bank dalam upaya meningkatkan pelayanan‎ bagi masyarakat, khususnya pengusaha UMKM. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan kian memperkokoh peran dan fungsi masing-masingbank dalam upaya menyejahterakan masyarakat Indonesia," kata Agus, ditemui saat serah terima akta perjanjian kerja sama Bank BJB dan Bank Sampoerna terkait UMKM di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Senin (26/2/2018).

Agus menuturkan Bank BJB menargetkan menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Indonesia, salah satunya menjalin kemitraan dengan Bank Sampoerna.

"Selain itu adanya kesamaan fokus bisnis seperti pembiayaan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah serta keinginan untuk memberdayakan masyarakat," terang Agus.

Ditempat yang sama, Direktur Utama Bank Sampoerna, Ali Rukmijah menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan awal dari kerja sama yang berkelanjutan antara Bank Sampoerna dalam mendukung masyarakat di sektor UMKM.

Kerja sama keduanya merupakan penyediaan pendanaan dan pengelolaan pinjamanyang disalurkan.

"Dengan ini bank Sampoerna akan dapat menyalurkan lebih banyak pinjaman kepada sektor UMKM," ‎jelas dia.

Sepanjang 2017, kredit UMKM yang disalurkan Bank BJB sebesar 21%. Sedangkan secara keseluruhan, komposisi kredit UMKM dibandingkan dengan total kredit Bank BJB sebesar 17,1%, atau di atas ketentuan Bank Indonesia (BI).

Pada Di mana tahun 2017, komposisi kredit UMKM perbankan minimal 15%,

Pada kurun waktu yang sama, kredit ke sektor UMKM yang disalurkan Bank ‎Sampoerna tumbuh sebesar 23%. Kredit ke sektor UMKM ini membentuk 77,9% dari keseluruhan pinjaman yang disalurkan hingga akhir 2017.

Tag : bank bjb, bank sampoerna
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top