Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Sarankan Bank Lebih Banyak Beri Kredit Kepada Eksportir

Bisnis.com, JAKARTA - Perbankan Indonesia diharapkan bisa berkontribusi lebih banyak terhadap perbaikan kondisi ekonomi makro di Tanah Air.
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 19 Maret 2018  |  21:24 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Perbankan Indonesia diharapkan bisa berkontribusi lebih banyak terhadap perbaikan kondisi ekonomi makro di Tanah Air.

Deputi Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan, jika bank ingin berkontribusi terhadap perbaikan defisit ekspor-impor Indonesia, bank sebaiknya menyalurkan kredit lebih banyak kepada eksportir.

"Jadi kalau bank mau ngasih kredit usahakan kepada eksportir. Kalau orientasinya ke domestik tidak akan menyelesaikan masalah," katanya di Kantor Pusat PT Bank Negara Indonesia Tbk. Jakarta, Senin (19/3/2018).

Dia menerangkan, saat ini utang luar negeri Indonesia lebih besar daripada penerimaan devisa. Penerimaan yang dimaksud dapat berasal dari ekspor barang, pengiriman uang (remitansi) dan industri pariwisata. Menurutnya, kalau kredit hanya disalurkan di dalam negeri saja maka akan gampang terjadi gejolak ekonomi.

"Gejolak yang sekarang karena kita defisit espor impor barang dan jasa," imbuhnya.

Indonesia, kata Mirza, memang pernah mengalami surplus saat booming komoditas beberapa tahun lalu. Namun, saat harga komoditas jatuh kembali minus. Hal tersebut lantaran ekspor Indonesia hanya berbasis komoditas.

Berbeda dengan negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia. Dia menyebutkan bahwa saat ini ekspor-impor barang dan jasa Thailand surplus 10% dari PDB. Sedangkan Indonesia defisit 2%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit valas
Editor : Farodilah Muqoddam
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top