Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Relaksasi Kredit Ojol, Multifinance Segera Bertemu Asosiasi

Sektor usaha multifinance mulai menanggapi rencana relaksasi kredit bagi sektor UMKM, termasuk ojek online dan taksi online.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 25 Maret 2020  |  18:55 WIB
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Sektor usaha multifinance mulai menanggapi rencana relaksasi kredit bagi sektor UMKM, termasuk ojek online dan taksi online.

Direktur Sales dan Distribusi PT Mandiri Tunas Finance (MTF) Harjanto Tjitohardjojo menjelaskan akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

"Saat ini MTF sedang berkoordinasi dengan APPI dan Bank Mandiri, untuk menerjemahkan kebijakan [relaksasi tersebut] tersebut," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (25/3/2020).

Dia menjelaskan jika yang diminta pemerintah untuk menunda pembayaran angsuran adalah UMKM dengan nilai kecil dari Rp10 miliar, jenis pembiayaan yang dimaksud masuk dalam kategori mobil komersial atau commercial car.

Saat ini proses penerapan kebijakan itu sedang dalam proses diskusi dengan Bank Mandiri, sebagai induk usaha perseroan. Namun, untuk model mobil penumpang atau passenger car, MTF menyatakan nasabah tetap wajib membayarkan angsuran.

"Saat ini MTF tidak menyalurkan pembiayaan taksi online perorangan. Untuk pembiayaan taksi online perusahaan, akan dilakukan evaluasi lebih lanjut," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Corsec BFI Finance Sudjono menjelaskan saat ini seluruh perusahaan pembiayaan di bawah APPI, akan berkoordinasi dengan OJK.

"Sejauh ini, tidak ada fokus pembiayaan [BFI Finance] ke taksi online atau ojek online, jadi kalaupun ada sedikit sekali jumlahnya," ujarnya kepada Bisnis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance Ojek Online
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top