Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Covid-19, Mandiri Tunas Finance Prediksi Kinerja Kuartal II/2020 Turun 30 Persen

PT Mandiri Tunas Finance memperkirakan kinerja pembiayaan di kuartal II/2020 akan turun sekitar 30 persen bila dibandingkan dengan periode sama tahun lalu, akibat dampak penyebaran Covid-19.
Karyawati melayani nasabah di kantor Mandiri Tunas Finance, Jakarta, Rabu (9/8/2017)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Karyawati melayani nasabah di kantor Mandiri Tunas Finance, Jakarta, Rabu (9/8/2017)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA- PT Mandiri Tunas Finance memperkirakan kinerja pembiayaan di kuartal II/2020 akan turun sekitar 30 persen bila dibandingkan dengan periode sama tahun lalu, akibat dampak penyebaran Covid-19.

Direktur Sales dan Distribusi MTF Harjanto Tjitohardjojo menjelaskan kuartal dua tahun lalu kinerja bisnis perseroan mencapai Rp12,4 triliun.

“Untuk pembiayaan baru di kuartal dua ini perhitungan saya sampai dengan Juni 2020 nanti sekitar Rp8,5 triliun,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (19/5/2020).

Dia mengatakan prediksi tersebut didasarkan pada kondisi ekonomi dan juga kebijakan pemerintah, di mana daerah ibu kota dan sekitarnya masih dalam status pembatasan sosial skala besar atau PSBB.

Tidak hanya kinerja yang akan turun, Harjanto menyatakan perolehan laba juga bakal semakin berat akibat terus berkurangnya permintaan pembiayaan dari masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Dia mengaku MTF sudah melakukan sejumlah upaya untuk menahan penurunan kredit saat ini.

“Misalnya sejak awal Ramadan kami sudah dorong pemberian bunga murah sebesar 3,5%, gratis asuransi kendaraan, kemudian juga ada aturan DP 20% untuk kalangan pegawai negeri, tapi memang tidak banyak membantu, akibat kondisi pasar otomotif yang memang sedang lesu," ujarnya.

Padahal biasanya momen Ramadan serta Lebaran adalah waktu yang ditunggu oleh leasing, karena permintaan mobil akan meningkat untuk digunakan mudik ke kampung halaman.

Data tahun lalu misalnya permintaan kredit mobil jelang Lebaran mampu meningkat sampai 15% hingga 20% dari rerata penyaluran pembiayaan pada bulan biasa.

Sebagai informasi, pada April lalu pencapaian kinerja MTF hanya senilai Rp560 miliar, atau turun sekitar 80% dari rerata kinerja bulanan di kuartal I/2020 yang mencapai Rp2,5 triliun tiap bulan.

Adapun, sampai akhir kuartal I/2020 lalu, MTF telah menyalurkan kredit senilai Rp7,28 triliun atau masih naik 5% dari periode sama tahun lalu yang senilai Rp6,93 triliun.

Jumlah unit kendaraan yang dibiayai di kuartal pertama tahun ini juga meningkat menjadi sebanyak 29.032 unit dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebanyak 28.211 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper