Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penyaluran Kredit Modal Kerja Bank Jateng Masih Stabil hingga Mei 2020

Berdasarkan data OJK, per Mei 2020, penyaluran kredit modal kerja memiliki kinerja paling lemah dibandingkan dengan jenis kredit lainnya seperti kredit invetasi dan konsumsi.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  22:52 WIB
Bank Jateng - Istimewa
Bank Jateng - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) mencatat penyaluran kredit modal kerja masih stabil, meski pertumbuhan secara industri menjadi yang terendah dibandingkan dengan segmen lainnya.

Direktur Bisnis Ritel & Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya mengatakan penyaluran kredit modal kerja sepanjang Januari-Mei 2020 masih stabil. Di samping itu, kontribusi kredit modal kerja juga masih lebih tinggi dibandingkan dengan investasi, meski tidak disebutkan angkanya.

Kredit modal kerja memang mendominasi total kredit perseroan. Berdasarkan annual report Bank Jateng 2019, kredit modal kerja sebesar 46 persen dari total kredit.

Pada periode itu, kredit modal kerja tumbuh 2,55 persen, paling rendah dibandingkan dengan pertumbuhan kredit investasi sebesar 13,18 persen dan kredit konsumsi sebesar 5,81 persen.

"Dari Januari sampai Mei 2020, pencairan kredit modal kerja di Bank Jateng tetap berjalan seperti biasa. Dengan pencapaian pada periode tersebut masih stabil dalam pencairan kredit modal kerja," katanya, Senin (20/7/2020).

Perseroan berkomitmen penuh terhadap para debitur yang saat ini sedang terdampak Covid-19 dengan memanfaatkan kredit kredit usaha rakyat (KUR).

"Karena kami tahu dampak utama yang ditimbulkan karena menurunnya penjualan, kendala bahan baku, dan modal kerja guna menutup overcost dalam masa pandemi ini," imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan data OJK, per Mei 2020, penyaluran kredit modal kerja memiliki kinerja paling lemah dibandingkan dengan jenis kredit lainnya seperti kredit invetasi dan konsumsi.

Secara keseluruhan, penyaluran kredit perbankan tumbuh 3,04 persen pada Mei 2020, sedangkan kredit modal kerja hanya tumbuh 1,43 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit bank jateng kredit modal kerja
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top