Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Realisasi Keringanan Kredit Bank BUMN Sentuh Rp470 Triliun

Ketua Himbara sekaligus Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso menyebutkan restrukturisasi kredit masih terus berlanjut hingga pertengahan paruh kedua tahun ini.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  12:09 WIB
Logo Bank BUMN - Istimewa
Logo Bank BUMN - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank BUMN atau anggota Himpunan Bank Negara (Himbara) melaporkan restrukturisasi kredit telah mencapai Rp470,93 triliun per akhir kuartal ketiga tahun ini.

Ketua Himbara sekaligus Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso menyebutkan restrukturisasi kredit masih terus berlanjut hingga pertengahan paruh kedua tahun ini.

Bank-bank milik pemerintah pun tetap berkomitmen untuk membantu debitur terdampak pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Restrukturisasi Himbara masih berlanjut. Data per akhir September telah mencapai Rp470,93 triliun dengan 3,87 juta debitur," katanya, dalam webinar Idscore, Kamis (15/10/2020).

Meski demikian, Sunarso tidak menampik risiko likuiditas dan pemangkasan profitabilitas tetap menjadi pertimbangan.

"Namun, memang ini sudah sangat dibantu oleh pemerintah dari sisi likuiditas dengan berbagai skema, dan penurunan laba dengan subsidi bunga," ujarnya.

Di luar itu, Sunarso menyebutkan pemerintah juga menjamin 3 intervensi yang akan membantu kinerja Himbara sekaligus industri perbankan secara umum.

Adapun intervensi tersebut anatra lain investasi pemerintah melalui penyertaan modal dan investasi jangka panjang ke sektor riil, percepatan belanja pemerintah, sekaligus penjaminan kredit UMKM dan korporasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank bumn restrukturisasi utang himbara
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top