Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Upaya Bank Commonwealth Dukung UMKM di Masa Pandemi

Kinerja UMKM yang kurang begitu baik di masa pandemi bisa mengurangi kepercayaan lembaga keuangan seperti perbankan dalam pengucuran kredit padahal masih banyak UMKM yang belum mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Commonwealth mendukung UMKM agar bisa bertahan pada masa pandemi. Salah satu upayanya yakni menerapkan literasi sekaligus inklusi keuangan terhadap pelaku UMKM.

Situasi pandemi Covid-19 saat ini memberikan pukulan berat bagi para pelaku UMKM di antaranya kesulitan mendapatkan bahan baku, kesulitan permodalan, dan lainnya.

Di sisi lain, kinerja UMKM yang kurang begitu baik di masa pandemi bisa mengurangi kepercayaan lembaga keuangan seperti perbankan dalam pengucuran kredit padahal masih banyak UMKM yang belum mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan. Meski demikian, perbankan terus membuka peluang bagi UMKM melalui literasi dan inklusi keuangan.

Pada Juli lalu, Kementerian Koperasi dan UKM melansir bahwa jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64 juta unit usaha atau 99% dari total unit usaha di dalam negeri. Kontribusi UMKM terhadap PDB nasional adalah sekitar 61%.

Kementerian Koperasi dan UKM juga menyebutkan bahwa UMKM tersebut tersebar hampir merata di seluruh Tanah Air dengan berbagai macam permasalahan yang dihadapinya, antara lain pembiayaan, kelembagaan, pemasaran, dan pengembangan usaha.

"Perbankan membuka kesempatan selebar-lebarnya dan kami memberikan solusi bagi UMKM terkait dengan persoalan pembiayaan melalui literasi dan inklusi keuangan. Hal ini harus dijalankan berbarengan agar UMKM bisa mendapatkan pembiayaan dan juga makin berkembang," ujar Head of Secured Lending Retail & SME Bank Commonwealth Weddy Irsan melalui siaran pers, Jumat (15/1/2021).

Di masa pandemi ini, lanjut Weddy, Bank Commonwealth melihat bahwa UMKM terkendala dengan kesulitan distribusi maupun penjualan produk, kesulitan mendapatkan bahan baku akibat banyak supplier yang kesulitan dalam memproduksi atau tutup, kesulitan likuiditas dengan modal yang terbatas, hingga mengalami penurunan pendapatan.

Menurut Weddy, sebetulnya UMKM berpeluang menjadi lebih berkembang lagi. Berdasarkan Data Bank Indonesia, pada kuartal II/2020, terjadi peningkatan volume transaksi belanja di e-commerce sebesar 383,5 juta kali. Jumlah tersebut naik 39,05% dibanding dengan kuartal I/2020 sebesar 275,8 juta kali.

Bank Indonesia (BI) memproyeksikan transaksi e-commerce di masa pandemi meningkat sebesar Rp429 triliun sepanjang 2020. Peningkatan ini lebih tinggi dibanding transaksi sebesar Rp205,5 triliun sepanjang 2019.

“Hal ini menunjukkan bahwa pasar UMKM terbuka lebar di e-commerce dan bisnisnya bisa terus berjalan. UMKM harus bisa beradaptasi di sini karena market mulai terbiasa berbelanja secara online dan akan terus dilakukan meski pandemi berakhir,” jelas Weddy.

Weddy melanjutkan bagaimana pihak perbankan dapat mendukung UMKM agar bisa bertahan di masa pandemi ini. Dengan memanfatkan teknologi digital untuk menjangkau lebih banyak pelaku UMKM, Bank Commonwealth berupaya menerapkan literasi sekaligus juga inklusi keuangan terhadap pelaku UMKM.

Dalam menjalankan literasi keuangan, Bank Commonwealth melalui program WISE (Womenpreneur Indonesia for Sustainability and Empowerment) menggandeng Bukalapak memberikan kelas edukasi keuangan untuk komunitas UMKM Srikandi Bukalapak, hingga Desember 2020 sebanyak 60 ribu pebisnis UMKM telah teredukasi melalui kelas WISE bersama Bukalapak.

“Kami melakukan edukasi keuangan misalnya bagaimana menjaga cashflow dengan lebih baik lagi apalagi di masa pandemi seperti ini banyak pebisnis yang cashflow-nya kurang terjaga akibat modal yang terbatas dan pendapatan yang menurun,” jelas Weddy.

Selain itu, Bank Commonwealth juga menggandeng MasterCard dan Mercy Corps Indonesia untuk membantu pengusaha UMKM Indonesia mendorong pertumbuhan bisnis UMKM melalui pendampingan secara digital dengan platform MicroMentor.

Hingga Desember 2020, lebih dari 4.000 mentees atau pelaku UMKM bergabung di platform MicroMentor. Dalam tahun pertamanya, program ini sudah berhasil menciptakan 1,158 pekerjaan baru bagi pelaku UMKM di platform ini.

Dari sisi inklusi keuangan, Bank Commonwealth membangun ekosistem digital untuk mendukung perkembangan UMKM melalui pemberian pinjaman secara online yang berkolaborasi dengan platform merchant digital serta mendukung kemudahan bertransaksi di masa pandemi dengan solusi layanan perbankan digital. Bank Commonwealth juga menjalankan program relaksasi kredit UMKM yang terdampak pandemi secara digital tanpa perlu tatap muka langsung.

Weddy menambahkan di masa pandemi ini UMKM masih tetap bisa mendapatkan pembiayaan dari Commonwealth jika memenuhi kriteria yakni perizinan lengkap, informasi/laporan keuangan, prospek bisnis yang baik. "Jika kriteria tersebut dipenuhi lengkap, bank akan dengan mudah mengucurkan pembiayaan,” tutup Weddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper