Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Credit Companies Ubah SESF Jadi Layanan Digital Multifinance Anak Usaha

PT Staco Estika Sedaya Finance (SESF) yang resmi mengganti usaha dan berubah nama menjadi PT Cipta Sedaya Digital Indonesia (CSDI) dan selanjutnya akan bergerak di bidang layanan serta pengembangan teknologi informasi.
Aktivitas karyawati di salah satu kantor PT Astra Credit Companies (ACC) di Jakarta./JIBI-Nurul Hidayat
Aktivitas karyawati di salah satu kantor PT Astra Credit Companies (ACC) di Jakarta./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Grup perusahaan pembiayaan Astra Credit Companies (ACC) mengganti lini bisnis salah satu multifinance miliknya sebagai pendukung layanan digital oleh perusahaan lain di bawah ACC.

Multifinance tersebut, yakni PT Staco Estika Sedaya Finance (SESF) yang resmi mengganti usaha dan berubah nama menjadi PT Cipta Sedaya Digital Indonesia (CSDI) yang selanjutnya akan bergerak di bidang layanan dan pengembangan teknologi informasi.

Persetujuan ini telah didapatkan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan Salinan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-17/D.05/2021 Tentang Pencabutan Izin Usaha Perusahaan Pembiayaan PT Staco Estika Sedaya Finance tanggal 06 April 2021, yang berlaku efektif per tanggal 01 Januari 2021.

Presiden Direktur CSDI Agung Waluyo Samadi mengatakan bahwa perubahan kegiatan usaha SESF ini dimaksudkan untuk mendukung digitalisasi untuk para multifinance di bawah naungan ACC.

"PT CSDI akan mendukung pengembangan layanan digital di perusahaan pembiayaan di grup ACC," ungkap Agung dalam keterangannya, Kamis (22/4/2021).

Untuk keperluan tersebut, CSDI tengah membangun Digital Operation Center (DOC) sebagai pusat fasilitas pengembangan digital yang berlokasi di Kota Yogyakarta.

Fasilitas ini akan memberikan support layanan digital bagi perusahaan pembiayaan di bawah grup ACC guna meningkatkan layanan bagi para debiturnya, di antaranya PT Astra Sedaya Finance, PT Astra Auto Finance dan PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance.

Sehubungan dengan berubahnya kegiatan usaha SESF sesuai petunjuk dan arahan OJK, telah dilakukan penyelesaian kewajiban SESF terhadap para debitur, rekanan bisnis pihak ketiga lainnya.

"Selanjutnya, hal-hal yang terkait dengan hak dan kewajiban terhadap para ex debitur SESF sepenuhnya dialihkan kepada PT Astra Sedaya Finance selaku induk dari perusahaan pembiayaan di bawah grup ACC sehingga debitur tidak akan mengalami kendala dalam bertransaksi selanjutnya," jelasnya.

Sekadar informasi, selain memiliki tiga perusahaan pembiayaan dan satu perusahaan layanan digital, ACC juga memiliki anak usaha perdagangan kendaraan bekas eceran PT Pratama Sadya Sadhana (PSS). ACC memiliki beragam produk pembiayaan, mulai dari pembiayaan mobil baru dan bekas untuk semua merek, pembiayaan mobil bekas melalui dealer maupun perorangan dan juga melayani pembiayaan Retail Commercial, Fleet, dan multiguna.

Terkini, ACC telah memiliki platform digital bertajuk acc.one, yang merupakan aplikasi mobile yang menyeluruh untuk pembiayaan dengan konsep one stop shopping dan mengintegrasi keseluruhan kapabilitas bisnis dan inisiatif digital ACC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper