Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Tutup Kantor Cabang Saat Lebaran. Simak Info Terbaru Operasional Perbankan Besar

Pelaku industri perbankan berkomitmen untuk tetap dapat memberikan pelayanan baik fisik maupun digital selama masa libur Lebaran dan cuti bersama.
Nasabah melakukan transaksi lewat mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (28/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Nasabah melakukan transaksi lewat mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (28/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Libur Hari Raya Idulfitri sudah dekat. Pelaku industri perbankan berkomitmen untuk tetap dapat memberikan pelayanan baik fisik maupun digital prima.

Berikut adalah jadwal operasional bank-bank besar selama libur pekan ini.

Bank BRI

Perseroan akan menyesuaikan jam operasional selama periode libur Hari Idulfitri 2021. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. akan beroperasi secara terbatas pada tanggal 12 hingga 15 Mei 2021.

Selama periode tersebut, layanan perbankan BRI hanya akan hadir di 184 kantor, mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 waktu setempat.

BRI akan hadir di 184 kantor, di mana masyarakat tetap dapat membuka rekening, penarikan dan penyetoran simpanan, setoran pinjaman, complain handling serta jual beli bank notes.

Selain itu, BRI juga tetap melayani penebusan setoran BBM/Non BBM Pertamina di 135 kantor serta Pelayanan Pick Up Service ASDP di 37 kantor.

BRI juga menyediakan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) di 20 Kantor Cabang BRI se-Jabodetabek yang telah mulai dilaksanakan pada tanggal 13 April lalu.

Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memastikan sebanyak 223 kantor cabang tetap akan beroperasi secara terbatas yakni tanggal 12-16 Mei 2021. Kantor-kantor ini akan memberikan layanan sejak pukul 08.30 hingga 15.00 waktu setempat.

Khusus pada 13 Mei 2020 yang bertepatan dengan perayaan Idulfitri dan kenaikan Isa Almasih, sebanyak 25 kantor cabang Bank Mandiri masih tetap beroperasi secara terbatas, dimana 3 di antaranya berada di wilayah DKI Jakarta.

Layanan perbankan yang diberikan pada periode tersebut meliputi cek saldo, setor dan tarik tunai, pemindahbukuan, penggantian kartu, pembukaan blokir, serta pembayaran delivery order SPBU ke Pertamina.

Sementara itu, untuk transaksi tarik tunai, transfer antar cabang dan pembayaran bulanan, Aquarius menambahkan, nasabah dapat melakukan melalui jaringan elektronik (e channel) Bank Mandiri yang meliputi 13.112 unit Mandiri ATM, yang terhubung ke dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta layanan Mandiri Online, Mandiri E-Money, dan Mandiri cash management.

Di samping layanan elektronik, Bank Mandiri juga memiliki lebih dari 120.000 mandiri agen yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia.

Mandiri agen ini menjadi kepanjangan tangan Bank Mandiri dalam membantu nasabah melakukan transaksi keuangan seperti tarik dan setor tunai, transfer antar rekening Mandiri dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, serta pembelian pulsa dsb.

BCA

BCA mengumumkan selama merayakan Idulfitri, seluruh kantor cabang BCA tidak beroperasi pada tanggal 12-14 Mei 2021 dan layanan weekend banking pada tanggal 15-16 Mei 2021 ditiadakan.

Untuk transaksi B2B Pertamina tetap dilayani pada tanggal 15 Mei 2021 pukul 09.00-14.00 di 8 kantor cabang BCA, yaitu: KCU Matraman, KCU Palembang, KCU Malang, KCU Semarang, KCU Solo Slamet Riyadi, KCU Medan, KCU Madiun, dan KCU Blitar.

Manajemen menyampaikan perayaan Idul Fitri tahun ini masih dalam masa Pandemi. Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kendati ruang gerak masih terbatas, BCA tetap setia menghadirkan layanan #BankingFromHome melalui channel electronic banking BCA seperti BCA mobile, internet banking (KlikBCA), serta akses terhadap 17.634 jaringan ATM BCA.

BNI

Perseroan memastikan tetap membuka 197 outlet pada masa libur cuti Bersama Idulfitri 2021, yaitu pada tanggal 12 Mei 2021.

Begitu juga sebanyak 24 outlet kembali beroperasi secara terbatas pada tanggal 14 Mei 2021. Seluruh outlet BNI hanya tutup operasi pada tanggal 13 Mei 2021.

Pada saat operasional terbatas, outlet yang beroperasi akan tetap memberikan layanan pembayaran pajak, hingga melayani setoran Pertamina.

Nasabah tetap dapat menikmati layanan dan bertransaksi melalui berbagai fitur digital channel kami yang tetap beroperasi selama masa cuti bersama tersebut, seperti dapat melakukan penarikan tunai 7x24 jam di seluruh ATM/CRM (Cash Recycle Machine) BNI, SMS banking, internet banking, serta memaksimalkan manfaat BNI mobile banking.

Bank Danamon

Bank Danamon mengumumkan kegiatan operasional seluruh cabang Bank Danamon akan tutup pada Libur Hari Raya Idulfitri tanggal 12-14 Mei dan weekend banking pada 15-16 Mei ditiadakan.

Dalam libur lebaran serta cuti bersama tahun ini, Danamon terus melayani kebutuhan transaksi perbankan nasabah, baik dalam ketersediaan uang tunai maupun layanan melalui elektronik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper