Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Direktur Utama BRI: UMKM Penggerak Utama Roda Perekonomian Indonesia

Berdasarkan riset BMSI (BRI Micro & SME Index) terbaru dari BRI Research Institute, BRI optimistis ke depannya perbaikan kondisi ekonomi bisa semakin cepat terjadi, dan status resesi akibat pandemi segera berakhir di Indonesia.
Gedung BRI/bri.co.id
Gedung BRI/bri.co.id

Bisnis.com, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso mengatakan perekoniman nasional membaik seiring mulai pulihnya UMKM sebagai penggerak utama roda perekonomian Indonesia.

"Berdasarkan riset BMSI (BRI Micro & SME Index) terbaru dari BRI Research Institute, kami optimistis ke depannya perbaikan kondisi ekonomi bisa semakin cepat terjadi, dan status resesi akibat pandemi segera berakhir di Indonesia. BRI akan terus mendorong UMKM sebagai penggerak pada proses pemulihan ini,” ujar Sunarso dalam keterangan resmi, Senin (17/5/2021).  

Sunarso pun mengatakan optimisme yang tergambar melalui riset tersebut disebabkan sejumlah hal. Pertama, meningkatnya aktivitas masyarakat karena infeksi baru dan kasus aktif Covid-19 terus turun, di tengah makin meluasnya vaksinasi.

Kedua, naiknya produksi sejumlah barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Imlek dan menjelang Idulfitri. Ketiga, terjadinya panen raya di sejumlah daerah yang mendorong kenaikan harga komoditas.

Keempat, perbaikan kondisi terjadi akibat relaksasi dari pemerintah kepada pengusaha sektor properti dan relaksasi pembelian rumah baru.

Meski sinyal positif sudah terlihat dan aktivitas bisnis UMKM yang semakin membaik, masih ada pelaku UMKM yang mencatatkan penurunan kinerja.

“Sebagai bank dengan portofolio terbesar di segmen UMKM, BRI menyiapkan cadangan yang mencukupi untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk itu. Di sisi lain, data terbaru menunjukkan sudah banyak nasabah BRI yang mendapat restrukturisasi bisa pulih dan terhindar dari status kredit macet,” tutup Sunarso. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper