Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Masih Tertekan, Pendapatan Bunga Bank Berpotensi Terkontraksi

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pendapatan bunga bersih bank umum tercatat naik 9,2% secara tahunan pada April 2021 menjadi Rp138,77 triliun. 
Ilustrasi Bank/Istimewa
Ilustrasi Bank/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tren pertumbuhan pendapatan bunga bersih perbankan diperkirakan masih berpotensi terkontraksi seiring dengan kinerja kredit yang belum maksimal.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pendapatan bunga bersih bank umum tercatat naik 9,2% secara tahunan pada April 2021 menjadi Rp138,77 triliun. Tren ini berbanding terbalik dari tren tahun lalu. Pendapatan bunga bersih bank tercatat terpangkas 1,8% secara tahunan menjadi Rp381,9 triliun pada Desember 2020.

Kendati demikian, Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Trioksa Siahaan menilai untuk pendapatan bunga bersih (net interest income/NII) masih berpotensi dapat tertekan.

Dia menjelaskan, potensi tekanan tersebut karena mengingat kondisi perekonomian saat ini masih tertekan akibat pandemi Covid-19. Selain itu, BI rate dan inflasi pun terjaga rendah, maka untuk tahun ini NII juga tak akan terkerek.

"Kembali lagi pertumbuhan NII akan bergantung pada pemulihan ekonomi, bila target vaksin berhasil dan kasus Covid menurun, maka ekonomi dapat cepat pulih dan berdampak pada perkreditan dan pertumbuhan NII," katanya, Senin (26/7/2021).

Sementara itu, Trioksa menuturkan fee based income bank dapat kembali naik seiring dengan aktivitas penggunaan jasa bank oleh nasabah juga meningkat.

"Maka penggunaan jasa bank juga akan kembali ramai digunakan dan berdampak pada pertumbuhan fee based income bank," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper