Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung UMKM Go Global, Ini Tiga Strategi BNI

Direktur Treasury & International BNI Henry Panjaitan mengatakan BNI mempunyai tiga pilar yang menjadi kekuatan perseroan dalam mendukung UMKM ke kancah internasional. 
Gedung BNI/Istimewa
Gedung BNI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) melakukan 3 strategi dalam mendukung UMKM ke kancah internasional. 

Direktur Treasury & International BNI Henry Panjaitan mengatakan BNI mempunyai tiga pilar yang menjadi kekuatan perseroan. Pertama, dukungan untuk pengembangan bisnis internasional dari pemegang saham dan stakeholder.

"Karena memang di beberapa negara yang memang berhasil membangun bisnis global banking service, dukungan dari pemerintah sangat penting, jadi makanya ini suatu berkah," kata Henry di acara UK SME's Business Summit CNBC Indonesia, Kamis (29/7/2021).

Henry pun mengatakan pilar kedua adalah reputasi BNI. Menurutnya, di umur BNI yang sudah 75 tahun, reputasi BNI di global sudah tidak perlu diragukan, BNI pun saat sudah 6 kantor cabang di luar negeri, antara lain di Hong Kong, Singapura, London, Tokyo, Seoul, dan New York.

"Ketiga adalah mayoritas bisnis di BNI memang berasal dari hasil banking. Bekitar 50 sampai 60 persen dan dari jumlah tersebut, terdapat beberapa nasabah korporasi BNI mempunyai anak usaha/cucu usaha di luar negeri sehingga menjadi peluang yang cukup potensial," jelasnya

Henry pun menjelaskan pengembangan bisnis internasional mempunyai pasar yang cukup besar, terutama layanan bagi para diaspora asal Indonesia yang saat ini sudah mencapai 7 juta orang.

Untuk itu, BNI pun menerapkan tiga strategi. 

"Strategi yang kita terapkan, di tengah pandemi dan persaingan internasional, strateginya harus sangat adaptif. Pertama, memberikan total solusi bagi pemain regional dan hopefully, pemain Internasional melalui jaringan 6 kantor cabang di luar negeri," ujarnya.

Kedua, membangun partnership, dengan bankir global, investor yang pada akhirnya diharapkan akan meningkatkan kapasitas dan kemampuan para staf BNI di luar negeri untuk melakukan pendampingan hingga memberikan tip dan trik bagi investor agar berinvestasi di Indonesia.

"Kalau mau investasi Indonesia atau sebaliknya manakala ada perjanjian internasional yang itu adalah kita membangun digital platform sehingga teman-teman kita diaspora itu bisa melakukan transaksi dengan aman dan handal dan bisa dipercaya," ujarnya. 

Terakhir, khusus untuk UMKM, BNI akan memberikan total solusi dan pendampingan bagi UMKM yang produknya sudah bagus agar bisa menembus pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper