Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MNC Bank (BABP) Bukukan Laba Bersih Rp4,78 Miliar selama Semester I/2021

Pada periode yang sama, MNC Bank membukukan penyaluran kredit senilai Rp7,70 triliun atau naik 8,15 persen dibandingkan dengan akhir tahun lalu (year to date).
Karyawan melayani nasabah di salah satu cabang MNC Bank di Jakarta. Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan melayani nasabah di salah satu cabang MNC Bank di Jakarta. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) mencatatkan laba bersih tahun berjalan Rp4,78 miliar sepanjang periode semester I/2021.

Jika dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama tahun sebelumnya, maka terdapat penurunan sebesar 6,7 persen year on year (yoy) dari Rp5,13 miliar.

Dari laporan keuangan perseroan yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (12/8/2021), penurunan laba tersebut didorong oleh pendapatan bunga bersih yang lebih rendah. Pada 30 Juni 2021 pendapatan bunga bersih MNC Bank tercatat senilai Rp192,53 miliar, menurun 14,52 persen yoy dari Rp225,25 miliar.

Sementara, pendapatan operasional selain bunga naik dari Rp102,70 miliar menjadi Rp104,48 miliar. Beban operasional selain bunga BABP juga mampu ditekan dari Rp317,88 miliar menjadi Rp290,29 miliar.

Pada periode yang sama, MNC Bank membukukan penyaluran kredit senilai Rp7,70 triliun atau naik 8,15 persen dibandingkan dengan akhir tahun lalu (year to date). Dari sisi himpunan dana pihak ketiga (DPK) tercatat giro senilai Rp1,18 triliun, tabungan Rp1,24 triliun, dan simpanan berjangka atau deposito senilai Rp7,50 triliun.

Secara total BABP membukukan kenaikan 7,82 persen ytd dari sisi simpanan masyarakat, yaitu senilai Rp9,92 triliun dibandingkan dengan Rp9,2 triliun per akhir 2020.

Dari sisi rasio keuangan, rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) tercatat sebesar 14,50 persen dengan rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) gross sebesar 4,82 persen dan NPL net 2,99 persen.

Margin bunga bersih (net interest margin/NIM) tercatat sebesar 3,74 persen dengan rasio beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) sebesar 98,82 persen dan rasio pinjaman terhadap pendanaan (loan to funding ratio/LFR) sebesar 77,48 persen.

Dalam perkembangan terbaru, MNC Bank mengumumkan kesepakatan menjalin kemitraan strategis dengan XL Axiata dalam mempromosikan MotionBanking.

Dalam kesepakatan, XL Axiata berkolaborasi menambah minimal 1 juta pengguna baru MotionBanking melalui promosi dan insentif khusus bagi pengguna XL Axiata. XL Axiata akan mendukung promosi di platform XL Axiata dan sebagai imbalannya, XL Axiata akan mendapatkan keuntungan tertentu, termasuk hak untuk mendapatkan iklan baru di platform media MNC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper