Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hary Tanoe Cuma Serap 628,93 Juta Saham Rights Issue MNC Bank (BABP), Sisanya?

Jumlah saham baru yang akan diterbitkan sebanyak-banyaknya 14,23 miliar dengan nominal Rp50 per saham. BABP berpotensi meraup dana senilai Rp4,52 triliun dari aksi ini.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 02 September 2021  |  11:39 WIB
Hary Tanoe Cuma Serap 628,93 Juta Saham Rights Issue MNC Bank (BABP), Sisanya?
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (tengah) didampingi oleh Direktur Bank MNC Teddy Tee (kiri) dan CTO MNC Group Yudi Hamka menjawab sejumlah pertanyaan dalam public expose PT Bank MNC Intenasional Tbk., Rabu (9/6/2021). - Dok. MNC
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) telah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK serta menetapkan harga pelaksanaan sebesar Rp318 per saham.

Jumlah saham baru yang akan diterbitkan sebanyak-banyaknya 14,23 miliar dengan nominal Rp50 per saham. BABP berpotensi meraup dana senilai Rp4,52 triliun dari aksi ini.

Perseroan pun merilis prospektus dengan informasi tambahan pada Rabu (1/9/2021). Dalam prospektus itu, disebutkan berdasarkan surat pernyataan pada 24 Agustus 2021 No.064/MNCKI/DIR/VIII/21, PT MNC Kapital Indonesia Tbk. (BCAP) sebagai pemegang saham utama MNC Bank akan melaksanakan HMETD yang dimilikinya sebanyak Rp200 miliar atau setara dengan 628,93 juta saham.

"PT MNC Kapital Indonesia Tbk. selaku pemegang saham utama perseroan telah menyatakan tidak akan melaksanakan sisa haknya dalam PMHMETD VII sebanyak 5,75 miliar lembar dan tidak akan mengalihkan HMETD," demikian pernyataan yang dikutip Bisnis pada Kamis (2/9/2021).

MNC Bank juga menyebutkan tidak terdapat pembeli siaga dalam PMHMETD VII ini. Apabila saham-saham yang ditawarkan dalam PMHMETD VII tidak seluruhnya diambil bagian oleh pemegang HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada paraa pemegang saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih dari haknya.

" Jika masih terdapat sisa saham dari jumlah yang ditawarkan, maka sisa saham tersebut tidak akan dikeluarkan perseroan dari portepel."

Adapun, dana dari aksi rights issue ini akan digunakan MNC Bank untuk ekspansi dan memperkuat permodalan perseroan.

Sekitar 62 persen akan digunakan sebagai modal untuk mendukung ekspansi kredit/aktiva produktif perseroan secara digital dan konvensional dengan porsi mayoritas digital sebesar 78 persen dan konvensional sebesar 22 persen.

Sekitar 5 persen akan digunakan untuk mendukung pengembangan aplikasi MotionBanking, termasuk pengembangan penilaian kredit berbasis artificial intelligence dan integrasi MotionPay dan kartu kredit visual dan financial technology terkait lainnya.

Sekitar 5 persen akan digunakan untuk biaya operasional yang dikapitalisasi seperti rekrutmen, pengembangan sumber daya manusia dan promosi untuk memperoleh pengguna baru MotionBanking. Sisanya, sebesar 28 persen akan digunakan untuk memperkuat CAR untuk cadangan aset produktif ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mnc internasional emiten bank rights issue Bank Digital
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top