Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lakukan 12 Kebiasaan Ini untuk Mencapai Financial Freedom

Anda ingin merasakan kebebasan finansial? Lakukan 12 kebiasaan ini agar dapat membantu Anda mencapai financial freedom.
Ilustrasi kebebasan finansial atau financial freedom/Freepik.com
Ilustrasi kebebasan finansial atau financial freedom/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Mencapai kebebasan finansial atau financial freedom merupakan tujuan bagi banyak orang. Simak 12 kebiasaan yang dapat membantu Anda mencapai financial freedom.

Secara umum, kebebasan finansial dapat diartikan jika seseorang memiliki cukup tabungan, investasi, dan uang tunai untuk memenuhi gaya hidup yang diinginkan untuk jangka waktu yang lama.

Sayangnya, banyak orang yang gagal mencapai financial freedom karena satu dan lain hal. Alih-alih merengkuh kebebasan finanasial, mereka justru dibebani dengan bertambahnya utang, besarnya pengeluaran, dan masalah lain yang dapat menghalangi mencapai tujuan mereka.

Anda ingin merasakan kebebasan finansial? Lakukan 12 kebiasaan ini agar dapat membantu Anda mencapai financial freedom seperti dilansir dari investopedia.com, Jumat (7/10/2021).


1. Tetapkan Tujuan Hidup

Apa kebebasan finansial bagi Anda? Tuliskan berapa banyak yang harus Anda miliki di rekening bank, bagaimana gaya hidup yang diperlukan, dan pada usia berapa ini harus dicapai. Semakin spesifik tujuan Anda, semakin tinggi kemungkinan untuk mencapainya.

2. Buat Anggaran

Membuat anggaran rumah tangga bulanan adalah cara terbaik untuk menjamin bahwa semua tagihan dibayar dan tabungan berjalan sesuai rencana. Cara ini juga merupakan rutinitas yang memperkuat tujuan Anda dan mendukung tekad melawan godaan untuk berbelanja secara royal.

3. Lunasi Kartu Kredit Sepenuhnya

Kartu kredit dan pinjaman berbunga tinggi serupa adalah racun bagi pembangunan kekayaan. Buatlah titik untuk melunasi saldo penuh setiap bulan. Pinjaman pelajar, hipotek, dan pinjaman serupa biasanya memiliki tingkat bunga yang jauh lebih rendah.

4. Buat Penghematan Otomatis

Daftarkan diri Anda dalam program pensiun majikan Anda dan dapatkan manfaat dari kontribusi yang sesuai. Juga bijaksanalah untuk memiliki penarikan otomatis untuk dana darurat, yang dapat digunakan sebagai pengeluaran tak terduga, dan kontribusi otomatis ke akun reksa dana atau investasi lainnya.

5. Mulai Investasi Sekarang

Pasar saham yang buruk dapat membuat orang mempertanyakan keuntungan yang mereka dapat. Namun, secara historis tidak ada cara yang lebih baik untuk menumbuhkan uang Anda selain melalui investasi.

6. Perhatikan Kredit Anda

Skor kredit Anda menentukan tingkat bunga yang perlu dibayar oleh Anda saat membeli mobil baru atau membiayai kembali rumah (KPR). Hal ini juga berdampak pada hal-hal yang tampaknya tidak terkait, seperti asuransi mobil dan premi asuransi jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper