Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minta Restu Rights Issue, Bank Amar (AMAR) Gelar RUPSLB 12 November

Bank Amar berencana melakukan rights issue dalam jumlah sebanyak-banyaknya 20 miliar saham dengan nilai nominal Rp100 per saham.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 03 November 2021  |  11:43 WIB
Logo Bank Amar - amarbank.co.id
Logo Bank Amar - amarbank.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR) bakal menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa atau RUPSLB pada 12 November 2021 untuk meminta persetujuan penambahan modal melalui skema rights issue.

Berdasarkan pengumuman di Bursa Efek Indonesia, RUPSLB akan dimulai pukul 16.00 – 16.30 WIB di Hotel Fairmont, Jakarta.

Pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPSLB adalah mereka yang tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan dan pemilik saham AMAR, dalam sub rekening efek di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia pada penutupan perdagangan di BEI, 19 Oktober 2021.

Dalam rapat tersebut, manajemen perseroan beserta profesi penunjang pasar modal akan hadir secara fisik di lokasi acara.

Adapun pemegang saham dapat berpartisipasi secara virtual dengan menggunakan aplikasi eASY.KSEI dengan tautan https://easy.ksei.co.id/egken (eASY.KSEI).

Mata acara rapat akan membahas persetujuan atas rencana AMAR untuk melaksanakan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD), termasuk persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan seturut penambahan modal itu.

Bank Amar berencana melakukan rights issue dalam jumlah sebanyak-banyaknya 20 miliar saham dengan nilai nominal Rp100 per saham. Perseroan memperkirakan periode PMHMETD berjalan pada akhir kuartal IV/2021.

PMHMETD ini akan memperkuat struktur permodalan dan digunakan untuk tambahan modal kerja guna mendukung kegiatan usaha AMAR, terutama dalam rangka pemberian kredit kepada nasabah yang akan direalisasikan secara bertahap.

“Dengan meningkatnya kinerja dan daya saing perseroan, diharapkan pula dapat meningkatkan imbal hasil nilai investasi bagi seluruh pemegang saham perseroan,” tulis manajemen perseroan.

Sementara itu, dari sisi kinerja, sampai dengan kuartal II/2021 Bank Amar mencatatkan total pinjaman sebesar Rp1,85 triliun atau tumbuh sebesar 8,1 persen secara tahunan (ytd). Saat ini portofolio total pinjaman perseroan mayoritas masih didominasi oleh Tunaiku.

Pinjaman yang disalurkan melalui Tunaiku sebagian besar diberikan kepada segmen usaha mikro dengan kontribusi sebesar 44 persen dari total portofolio kredit.

Secara keseluruhan, AMAR berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp2 miliar atau tumbuh 25,3 persen secara kuartalan (qoq). Pencapaian kinerja itu masih konsisten positif di tengah kondisi persaingan bank yang semakin ketat di era pandemi.

Pada kuartal II/2021, perseroan mencatatkan pendapatan operasional sebesar Rp134,5 miliar atau tumbuh 7,5 persen qoq, yang ditopang oleh kenaikan pendapatan bunga bersih dan pendapatan nonbunga yang masih konsisten hingga saat ini.

AMAR juga mencatatkan pendapatan bunga bersih menjadi sebesar Rp87,1 miliar atau naik 6,9 persen qoq. Peningkatan kinerja pada pendapatan bunga bersih ini disebabkan oleh cost of fund di level optimal sehingga dari sisi profitabilitas konsisten positif.

Dari sisi pendanaan hingga kuartal II/2021, Bank Amar tetap menjaga besaran dana pihak ketiga (DPK) pada level yang memuaskan. CASA (Current Account and Saving Account) tercatat sebesar Rp155 miliar atau naik 94,7 persen ytd.

Sementara itu, total aset tumbuh sebesar 27,9 persen yoy atau menjadi sebesar Rp3,9 triliun. Dari sisi rasio keuangan tetap solid di tengah pandemi. Tercatat LCR (Liquidity Coverage Ratio) sebesar 1,87 persen dan CAR (Capital Adequacy Ratio) 33,1 persen.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kinerja bank emiten bank Bank Amar rights issue
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top