Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berkah di tengah Musibah, Pandemi Picu Digitalisasi Pembayaran

Salah satu pencapaian yang signifikan adalah dengan bantuan infrastruktur yang disediakan Bank Indonesia melalui sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).
Transaksi digital. /istimewa
Transaksi digital. /istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Ketua Umum III Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) Harianto Gunawan mengatakan pandemi Covid-19 telah mempercepat transisi digital sistem pembayaran. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia dan di dalam anggota G20, tetapi juga di seluruh dunia.

"Saya kira ini akan mempercepat pemulihan ekonomi, terutama dari pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung," kata Harianto dalam acara Side Event Presidensi G20 Indonesia di Jakarta, Selasa (15/2/2022). 

Harianto menilai financial technology atau fintech di sistem pembayaran memiliki ruang untuk inovasi dan teknologi, yang memberikan manfaat dalam pelaksanaan transaksi lintas batas yang cepat, seamless, biaya lebih rendah, dan dapat menjangkau semua sisi merchant dan kanal.

"Ini [fintech] menciptakan wadah untuk inklusi keuangan yang kuat yang membuat layanan keuangan tersedia, lintas batas dan terjangkau bagi publik dan kecil serta harganya," ujarnya.

Menurutnya, salah satu pencapaian yang signifikan adalah dengan bantuan infrastruktur yang disediakan Bank Indonesia melalui sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Harianto menerangkan bahwa sistem pembayaran QRIS telah membantu seluruh industri, salah satunya pemain fintech yang turut mendorong digitalisasi pembayaran.

"Aftech dan seluruh pemain fintech melakukan pendekatan kolaboratif dengan regulasi dan semua pemangku kepentingan [stakeholder] mulai dari strategi, pengembangan, teknologi, inovasi, pengembangan serta kesiapan pasar dan sosialisasi kepada masyarakat," terangnya.

Di samping itu, Harianto menekankan bahwa Aftech berkomitmen penuh untuk mendukung Cetak Biru Sistem Pembayaran Bank Indonesia pada tahun 2025, di mana salah satu inisiatifnya adalah memiliki sistem pembayaran yang kuat dan diterima secara luas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper