Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minim Risiko, Ini Investasi Paling Aman untuk Milenial dan Gen Z

Terdapat beragam instrumen investasi yang bisa dicoba oleh generasi milenial dan gen z. Namun, investasi apa yang paling kecil risikonya?
Ilustrasi investasi
Ilustrasi investasi

Bisnis.com, SOLO - Setiap instrumen investasi pasti memiliki risiko tersendiri. Namun, adakah jenis investasi yang cenderung aman atau minim risiko, terutama bagi para milenial dan gen z?

Terkait hal tersebut, Luh Putu Andarini dari Divisi Marketing PT Pegadaian mengatakan, emas bisa menjadi opsi terbaik.

"Boleh dibilang bahwa investasi emas ini adalah instrumen yang aman. Kalau kita melihat risiko, investasi itu pasti semua ada risiko ya," ungkap Luh Putu dalam diskusi daring, dikutip dari Antara pada Sabtu (19/2/2022).

Ia lalu menjelaskan, emas memiliki harga yang relatif stabil dan cenderung naik. Oleh karenanya, risiko untuk berinvestasi emas juga relatif kecil dibanding dengan jenis investasi lainnya.

"Kenapa emas aman? Karena dibandingkan dengan instrumen investasi yang lain, emas ini memiliki history dari puluhan tahun yang lalu, sebetulnya 30 tahun yang lalu itu memiliki kecenderungan harga yang stabil dan cenderung naik," katanya.

Luh Putu menambahkan, "Kemudian risikonya relatifnya kecil dibanding dengan instrumen yang lain. Maka itu, saya bisa sampaikan bahwa instrumen investasi emas ini adalah satu instrumen yang aman."

Di samping itu, pihaknya pun mengatakan bahwa investasi emas juga dapat menjadi dana darurat. Akan tetapi, Luh Putu berpesan agar masyarakat selalu disiplin dan konsisten saat berinvestasi.

"Ini cocok untuk generasi milenial dan gen Z karena emas ini tidak hanya bisa untuk investasi tapi dia juga akan menjadi dana darurat. Karena emas sangat liquid. Yang penting itu adalah tau dengan siapa kita berinvestasi. Kedua kuncinya adalah disiplin dan konsisten," kata Luh Putu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper