Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Langkah Memilih Asuransi yang Tepat untuk Mobil

Sejumlah langkah perlu diperhatikan sebelum memilih asuransi untuk melindungi mobil dari risiko yang berpotensi terjadi di masa depan.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 13 Maret 2022  |  18:42 WIB
Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan saat pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/4/2021). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan saat pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/4/2021). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA – Dewasa ini, perlindungan dari risiko terhadap kendaraan roda empat alias mobil melalui asuransi, saat ini telah menjadi keharusan.  

Apalagi, mobil merupakan benda yang memiliki nilai cukup tinggi. Namun demikian, perlu kecermatan dalam memilih perusahaan asuransi mobil. Hal itu diperlukan untuk memberikan perlindungan yang maksimal terhadap kendaraan dan terhindar dari masalah di masa depan.

Head Auto Channel Asuransi Rama, Toto Sugiarto mengatakan, ada banyak cara untuk memberikan perlindungan terhadap kendaraan yang dimiliki.

"Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi mobil adalah melalui perlindungan asuransi kendaraan," kata Toto seperti dikutip dari siaran persnya, Minggu (12/3/2022).

Dia menjelaskan, asuransi memberikan banyak manfaat bagi perlindungan kendaraan.  Sebab asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, dan bahkan hilang," kata Toto.

Selain itu, terdapat manfaat tambahan berupa penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara dan bencana alam.

Menurutnya, terdapat ada sejumlah hal yang harus menjadi perhatian para pemilik kendaraan, khususnya mobil, jika ingin mengikuti asuransi.

Dia mengatakan, hal pertama yang harus diketahui adalah latar belakang perusahaan asuransi.

"Pastikan perusahaan asuransi yang akan dipilih benar-benar memiliki manajemen sehat dan dapat dipercaya," ujar Toto.

Selain itu, lanjutnya, pastikan program-program yang ditawarkan sesuai dengan kondisi kebutuhan dan keperluan kita. Misalnya, penawaran premi murah, kemudahan klaim, serta fasilitas lainnya.

"Hal ini sangat dibutuhkan, karena kendaraan telah menjadi pendukung utama dalam beraktivitas. Yang artinya, potensi gesekan atau benturan sangat mungkin terjadi," papar Toto.

Dia pun memberikan tips kepada pemilik kendaraan untuk mendapatkan perusahaan aruransi yang tepat.

Pertama, cari perusahaan asuransi yang sudah beroperasi cukup lama. Kedua, lakukan pengecekan terhadap jumlah polis yang sudah dikeluarkan.

"Ketiga, lihat perusahaan asuransi yang memiliki banyak jaringan bengkel yang luas. Keempat, cari perusahaan asuransi yang dalam proses pembelian membuat polis nya tidakak merepotkan dan tanpa survey. Terakhir, gunakan jasa asuransi yang dalam mengurus klaim pengurusan klaimnya mudah dan tidak merepotkan," papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi mobil asuransi mobil
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top