Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pujian Bank Indonesia (BI) ke Industri Asuransi dan Dana Pensiun, Terkait Apa?

Bank Indonesia memuji industri asuransi dan dana pensiun memiliki peran penting dalam meringankan tekanan di pasar keuangan Indonesia selama pandemi Covid-19.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 31 Mei 2022  |  10:53 WIB
Pujian Bank Indonesia (BI) ke Industri Asuransi dan Dana Pensiun, Terkait Apa?
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia memuji industri asuransi dan dana pensiun atas perannya meringankan tekanan di pasar keuangan Tanah Air selama pandemi Covid-19.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan peran penting industri asuransi dan dana pensiun tersebut terlihat dari penempatan investasi keduanya di surat berharga negara (SBN).

Destry menuturkan, sebelum pandemi kepemilikan SBN nonresiden mencapai sekitar 35 persen dari total SBN dan bahkan mencapai rekor tertinggi sebesar 40,5 persen pada Januari 2018. Namun, jumlah tersebut berkurang setelah pandemi hingga mencapai di bawah 20 persen dan pada Mei 2022 hanya tinggal 16,3 persen.

"Berkurangnya kepemilikan nonresiden SBN ini memberikan tekanan signifikan terhadap pasar keuangan Indonesia, terutama terhadap nilai tukar dan yield obligasi kita," ujar Destry dalam IFG International Conference 2022, Selasa (31/5/2022).

Untuk memitigasi tersebut, lanjutnya, Bank Indonesia mengintensifkan triple kebijakan intervensinya, yakni di pasar spot, pasar domestic non-deliverable forward (DNDF), dan pasar obligasi dengan membeli SBN di pasar sekunder.

Menurut Destry, dalam situasi tersebut asuransi dan dana pensiun agresif untuk membeli SBN sehingga membantu meringankan tekanan di pasar keuangan Indonesia dan meningkatkan kepercayaan pasar.

"Berdasarkan data Bank Indonesia, per Mei 2022, asuransi dan dana pensiun beli SBN Rp83,2 triliun year-to-date (ytd) di tengah penjualan SBN non residen Rp105 triliun ytd," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia asuransi asuransi jiwa dana pensiun kurs tengah bi
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top