Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Tips Menabung yang Efektif, Dijamin Anti Gagal!

Berikut 8 tips menabung yang efektif dan efisien. Dijamin anti gagal dan tujuan Anda tercapai.
8 Tips Menabung yang Efektif, Dijamin Anti Gagal!/Freepik.com
8 Tips Menabung yang Efektif, Dijamin Anti Gagal!/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Terkadang hal yang paling sulit saat menabung adalah memulainya. Simak 8 tips menabung yang efektif dan efisien. Dijamin anti gagal!

Perencanaan finansial (financial planning) sangat dibutuhkan dalam membangun kebiasaan menabung yang baik dan benar. Melansir dari Bank of America pada Jumat (24/6/2022), berikut tips yang bisa Anda terapkan untuk mencapai tujuan menabung, baik untuk untuk jangka pendek ataupun jangka panjang.

8 Tips Menabung yang Efektif dan Anti Gagal 

1. Catat Pengeluaran

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak uang yang telah Anda belanjakan. Catat semua pengeluaran Anda, mulai dari kebutuhan sehari-hari, seperti makanan hingga tagihan bulanan rutin.

Catat seluruh pengeluaran keuangan Anda dengan cara yang dirasa paling mudah, misal sesederhana menggunakan pensil dan kertas, atau menggunakan spreedsheet, atau bahkan menggunakan aplikasi pelacak pengeluaran yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

Setelah Anda mengetahuinya informasi di setiap pengeluaran, maka selanjutnya Anda dapat mengurutkannya sesuai kategori lalu menjumlahkannya. Cek juga kartu kredit dan laporan mutasi bank Anda untuk memastikan apakah Anda telah menginput keseluruhan pengeluaran dengan benar.

2. Sisipkan Rencana Berhemat

Setelah Anda mengetahui apa saja yang telah Anda belanjakan dalam sebulan, Anda dapat mulai membuat anggaran atau budgeting. Anggaran yang Anda buat harus menunjukkan berapa jumlah pengeluaran dan penghasilan Anda. Dengan demikian, Anda dapat merencanakan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan dan tentunya untuk membatasi pengeluaran yang berlebihan.

Pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran secara teratur. Tapi, perlu diingat bahwa tidak semua harus dilakukan setiap bulannya, seperti perawatan mobil.

Terakhir, rencanakan berapa jumlah yang Anda tabung. Besarannya bisa 15 hingga 20 persen dari penghasilan Anda. Sertakan juga target menabung secara riil agar Anda dapat berhemat secara nyaman.

3. Kurangi Pengeluaran

Jika Anda tidak dapat menabung sebanyak yang Anda inginkan, mungkin sudah waktunya untuk mengurangi pengeluaran. Identifikasi hal-hal yang dirasa dapat dikurangi dengan cara mencari alternatif lain.

Berikut beberapa ide  untuk mengurangi pengeluaran:

  • Cari aktivitas gratis : Untuk menemukan hiburan gratis atau murah, anda bisa mendaftar acara yang dibuat oleh sebuah komunitas.
  • Tinjau tagihan berulang: Batalkan langganan dan keanggotaan yang tidak Anda gunakan—terutama jika layanan tersebut harus diperpanjang secara otomatis.
  • Periksa biaya makan di luar VS memasak di rumah: Anda bisa membiasakan diri untuk memasak sendiri di rumah. Apabila ingin makan di luar, tentunya cari restoran yang menyediakan promo
  • Tunggu sebelum Anda membeli: Kadang kita tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan jika dihadapkan oleh suatu barang.

4. Tetapkan tujuan tabungan

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan punya tujuan. Mulailah berpikir apa sebenarnya tujuan Anda menabung. Apakah itu untuk jangka pendek satu sampai tiga tahun) ataukah jangka panjang (empat tahun atau lebih).

Kemudian perkirakan berapa banyak uang yang Anda perlukan dan berapa lama waktu yang diperlukan bisa menabung memenuhi target tersebut.

  • Tujuan umum jangka pendek: Dana darurat (biaya hidup tiga sampai sembilan bulan), liburan atau uang muka mobil
  • Tujuan umum jangka panjang: Uang muka untuk rumah atau proyek renovasi, pendidikan atau pensiun anak Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper