Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Maybank Marathon 2022 dan Perhatian Ekstra pada Aspek Keselamatan

Maybank Indonesia menerapkan peraturan You Register, You Run dalam gelaran Maybank Marathon 2022 untuk memastikan keselamatan para pesertanya.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 27 Agustus 2022  |  18:07 WIB
Maybank Marathon 2022 dan Perhatian Ekstra pada Aspek Keselamatan
Maybank Indonesia menerapkan peraturan You Register, You Run dalam gelaran Maybank Marathon 2022 untuk memastikan keselamatan para pesertanya. (Kiri-Kanan) Project Director Maybank Marathon Widya Permana, Direktur Keuangan Thilagavathy Nadason, dan Project Manager Maybank Marathon 2022 Deniawan Rachmatialevi - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - PT Maybank Indonesia Tbk. (BNII) menaruh perhatian besar pada aspek keselamatan dan keamanan dalam pergelaran Maybank Marathon 2022. Setelah menggelar marathon selama 10 tahun, untuk pertama kali Maybank Indonesia menerapkan peraturan You Register, You Run.

Peraturan tersebut menekankan bahwa perlombaan marathon hanya boleh diikuti oleh peserta yang telah mendaftar. Pendaftaran tidak boleh diwakilkan dan peserta harus mengikuti perlombaan sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan.

Peraturan ini terbilang lebih ketat dibandingkan dengan peraturan-peraturan sebelumnya. Maybank belajar dari perlombaan marathon sebelumnya, termasuk Maybank Marathon 2018 dan Maybank Marathon 2019, agar kualitas Maybank Marathon 2022 di Bali makin baik setelah 2 tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Project Director Maybank Marathon 2022 Widya Permana mengatakan bahwa penerapan peraturan tersebut bertujuan untuk memastikan keselamatan dan keamanan pelari pada saat mengikuti Maybank Marathon 2022. Dia menegaskan bahwa marathon merupakan olahraga yang ekstrem, sehingga perlu pengawalan yang ketat.

"Tidak bisa diwakili, wajib mengikuti lari sesuai dengan kategorinya. Peraturan ini untuk keselamatan dan keamanan pelari karena kami sangat memperhatikan soal ini," kata Widya dalam konferensi pers bersama awak media di Bali, Sabtu (27/8/2022).

Widya menambahkan, penerapan peraturan ini juga bertujuan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Dikhawatirkan ketika terjadi hal yang tidak terduga, seperti kecelakaan dan lain sebagainya, penyelenggara salah mengambil langkah karena data yang diterima penyelenggara dengan data pelari, berbeda.

Sementara itu Project Manager Maybank Marathon 2022 Deniawan Rachmatialevi mengatakan, belajar dari tahun-tahun sebelumnya, kerap terjadi jual nomor dada, sehingga informasi yang dimiliki penyelenggara tidak sama dengan informasi pelari, termasuk golongan darah.

"Jadi mereka menunjukkan kode registrasi dia dan ID, kemudian nanti dikasihkan gelang yang akan diikat. Jadi ada nomor dada dan gelang," kata Deniawan.

Bagi penyelenggara, informasi yang tepat tentang pelari sangat penting. Sebagai olah raga yang terbilang ekstrem, terdapat beberapa hal yang berisiko terjadi selama perlombaan berlangsung.

Sekadar informasi, pada perheletan Maybank Marathon 2018, pelari kategori 10 kilometer, Denny Handoyono meninggal dunia.

Denny meninggal 100 meter mendekati garis finish. Sempat mendapat perawatan oleh PMI di sekitar lokasi, Denny akhirnya meninggal saat dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Ibu Saba. Tidak diketahui penyebab meninggalnya lelaki berusia 50 tahun itu.

Kemudian, perhelatan Maybank Marathon 2019 kembali menelan korban jiwa. Pelari untuk kategori Marathon asal Jepang, Atsushi Ono, menghembuskan nafas terakhir ketika mengikuti perlombaan. Diduga Ono meninggal karena serangan jantung. Ono sempat dibawa ke Rumah Sakit Ibu Saba.

Selain menerapkan peraturan Your Register, Your Run, dalam menjaga keselamatan dan keamanan selama lomba marathon berlangsung, Maybank Indonesia juga bekerja sama dengan tiga rumah sakit utama di Bali, sepanjang rute Maybank Indonesia juga menyiagakan 12 ambulans di tempat-strategis dan 180 tenaga medis termasuk dokter,

"Mereka memantau kondisi pelari saat lomba. Ditambah juga ada 15 ambulans motor untuk rute-rute yang tidak bisa dilewati oleh ambulans mobil," kata Deniawan.

Kegiatan flag off yang sekaligus penanda dimulainya lomba Maybank Marathon 2022 di Bali akan dilakukan secara bertahap. Flag off kategori Marathon (42,195 km) akan dilakukan pada pukul 04.30 WITA, disusul kategori Half Marathon (21,0975 km) pada pukul 05.15 WITA dan kategori 10K pada pukul 06.00 WITA, serta kategori wheelchair pada pukul 06.10 WITA.

Masih dalam semangat memperingati satu dekade Maybank Marathon, penyelenggaraan tahun ini akan memperebutkan total hadiah hampir Rp2,7 miliar untuk 118 pemenang termasuk pemecah rekor.

Menginjak satu dekade perhelatan, Maybank Marathon yang kini telah menjadi bagian dari World Athletics’ ‘Elite’ label road race, menghadirkan 10 atlet lari elite internasional terdiri dari lima atlet lari elite marathon pria, dan lima pelari elite marathon wanita.

Selain pelari elite internasional, Maybank Marathon 2022 juga akan menghadirkan 9 atlet lari nasional dengan catatan waktu terbaik kebanggaan negeri yang terdiri dari lima atlet lari nasional marathon pria dan empat atlet lari nasional marathon wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maybank marathon olahraga Maybank Indonesia
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top