Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Bersih Bank Danamon Tembus Rp2,5 Triliun, Tumbuh 79 Persen Pada Kuartal III/2022

Pertumbuhan Danamon itu didukung kolaborasi dgn MUFG dan pendekatan strategi segmentasi yang cermat.
Nasabah melakukan transaksi di Bank Danamon di Jakarta, Rabu (22/7/2020). Bisnis/Dedi Gunawan
Nasabah melakukan transaksi di Bank Danamon di Jakarta, Rabu (22/7/2020). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — Hingga kuartal III/2022, PT Bank Danamon Indonesia Tbk. membukukan laba bersih senilai Rp2,5 triliun atau tumbuh 79% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan laba tersebut sejalan dengan keberhasilan perusahaan dalam menjalankan kolaborasi bersama Mitsubishi UFJ Financial Group atau MUFG, serta melakukan pendekatan strategi segmentasi yang cermat.

Merujuk pada keterbukaan informasi Senin (31/10), emiten berkode saham BDMN itu membukukan pendapatan bunga bersih sebesar Rp10,49 triliun, tumbuh 2,49% dari periode yang sama tahun lalu yang tercatat Rp10,23 triliun.

Bank Danamon juga berhasil mengelola aset yang dimiliki di mana rasio profitabilitas return on asset (ROA) perseroan berada pada level 1,74%, naik 77 bps dibandingkan dengan kuartal III/2021, sementara itu untuk return on equity (ROE) naik 368 bps menjadi 8,55%.

Pertumbuhan laba juga didorong oleh beban operasional selain bunga bersih Bank Danamon yang turun 12,39% secara year on year/yoy menjadi Rp7,25 triliun pada 9 bulan pertama 2022. Penurunan beban didorong oleh impairment yang turun sebesar 40,48% secara yoy menjadi Rp2,20 triliun.

Dari sisi kredit, Bank Danamon menyalurkan total kredit sebesar Rp137,57 triliun secara konsolidasi pada kuartal III/2022, tumbuh 7,97% dibandingkan pada Desember 2021 atau secara year to date.

Pertumbuhan tersebut dibarengi dengan kualitas kredit yang makin baik. Rasio kredit macet atau nonperforming loan net Bank Danamon turun 74 bps yoy menjadi 0,30% pada kuartal III/2022. NPL gross turun 37 bps yoy menjadi 2,71%.

Sementara itu, total dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun Bank Danamon pada kuartal III/2022 mencapai Rp116,92 triliun, terkoreksi 3,43% jika dibandingkan dengan Desember 2021. Kendati demikian, rasio dana murah atau current account saving account (CASA) Bank Danamon naik signifikan.

Rasio dana murah yang berasal dari giro dan tabungan pada kuartal III/2022 tercatat 64,2%, naik  66 bps dibandingkan pada September  2021 yang berada pada posisi 57,60%.

Direktur Utama Danamon Yasushi Itagaki mengatakan Danamon berkomitmen untuk terus tumbuh sebagai sebuah organisasi yang berorientasi pada nasabah dan sebagai 'Bank Pilihan Anda'.

“Dengan proposisi nilai unik yang berfokus pada sales and service excellence, sinergi yang kuat dengan para mitra kami, pemerintah dan komunitas – dan didukung oleh teknologi kelas dunia,” kata Itagaki dalam siaran pers, Senin (31/10/2022).

Dia menambahkan perseroan juga berkomitmen untuk memberikan berbagai solusi keuangan terbaik agar para nasabah mampu memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan finansial mereka.

Sebagai bagian dari MUFG, kata Itagaki, Danamon berkomitmen untuk mencapai net zero emission untuk operasional usahanya pada tahun 2030.

Danamon telah dan terus menerapkan berbagai kebijakan dan program untuk mencapai tujuan ini, termasuk mengurangi dampak karbon dengan memasang panel solar di berbagai gedung di mana Danamon beroperasi.

Danamon memberikan program pembiayaan terjangkau untuk karyawan dan komunitas untuk pemasangan panel solar dan membangun stasiun pengisian listrik untuk mobil listrik bagi para karyawan Danamon, Adira Finance dan MUFG di Menara Bank Danamon Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper