Mastercard Dorong Percepatan Ekonomi Digital dan Inklusi di Masa Depan

Mastercard Customer Forum 2022 Lets Future Forward dukung upaya pemerintah dalam mempercepat ekonomi digital, serta perjalanan digital pelanggan dan mitra.
Foto: Mastercard Customer Forum 2022 - Mastercard Dorong Percepatan Ekonomi Digital dan Inklusi di Masa Depan
Foto: Mastercard Customer Forum 2022 - Mastercard Dorong Percepatan Ekonomi Digital dan Inklusi di Masa Depan

Binsis.com, JAKARTA - Ekonomi digital Indonesia akan menjadi landasan pertumbuhan negara dalam lima tahun ke depan. Nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2021 merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara, mencapai US$70 miliar, dan diperkirakan mencapai US$146 miliar pada tahun 2025.

Transformasi digital di Indonesia adalah kisah sukses yang diakui dan telah menunjukkan pertumbuhan berkelanjutan yang sangat baik. Hal ini sangat terkait dengan upaya pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur fisik dan digital di seluruh Indonesia, yang membantu menghadirkan lebih banyak peluang bagi populasi yang lebih luas untuk saling terhubung dan mendapatkan manfaat darinya.

Untuk mempercepat pembayaran digital secara nasional, Bank Indonesia telah meluncurkan kapabilitas yang terukur dan interoperable seperti Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP), dan Bank Indonesia Fast Payment (BI-Fast).

Mastercard telah menjadi pendukung kuat agenda digital pemerintah. Mastercard adalah pemimpin global dalam digitalisasi pembayaran konsumen dan bisnis, dan percaya bahwa bersama dengan pelanggan dan mitranya, Mastercard dapat melayani basis konsumen dan merchant yang berkembang ini dengan kemampuannya, dan memperkuat ekonomi digital yang inklusif, memberikan manfaat bagi semua orang, di mana saja dengan membuat transaksi aman, sederhana, cerdas, dan mudah diakses.

Guna memperkuat komitmennya dalam mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat ekonomi digital, serta perjalanan digital pelanggan dan mitranya di Indonesia, Mastercard mengadakan Mastercard Customer Forum 2022 yang pertama dengan tema 'Let's Future Forward' di Bali pada tanggal 26 -28 Oktober 2022. Forum ini dihadiri oleh hampir 200 pemimpin dari bank, fintech dan perusahaan ekonomi internet, serta menghasilkan berbagai diskusi menarik dengan topik mulai dari prospek ekonomi untuk Asia Pasifik, masa depan perdagangan dan pembayaran, pemberdayaan UKM, keamanan siber, dan kemunculan metaverse, blockchain, NFT, serta peluang apa yang mereka hadirkan untuk para pelaku industri di Indonesia.

Mastercard Dorong Percepatan Ekonomi Digital dan Inklusi di Masa Depan

Ari Sarker, President, Asia Pacific, Mastercard, membuka forum dengan menegaskan peran penting dari Indonesia dalam potensi pertumbuhan Mastercard di Asia Pasifik. Ari berbicara tentang percepatan perubahan dalam perilaku konsumen dan kebiasaan digital first di seluruh dunia. Ari mengakhiri sambutannya dengan mengajak semua orang untuk bekerja sama – lintas pemerintah dan sektor swasta – untuk terus berbagi praktik terbaik dan menemukan lebih banyak cara untuk memperkuat ekosistem digital, dan untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Para perserta juga mendapat kehormatan untuk mendengarkan kata sambutan dari Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Dalam sambutannya, Luhut berbagi wawasan tentang situasi ekonomi di Indonesia dan dunia saat ini, dan bahwa dukungan dari sektor swasta untuk meningkatkan literasi keuangan negara sangat penting. Luhut juga menegaskan kembali peran penting Mastercard dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di negara ini.

Forum ini juga dihadiri oleh Odo Manuhutu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, yang membagi pandangannya tentang peran pemangku kepentingan industri dalam mengembangkan ekonomi kreatif, serta upaya sektor swasta dan publik untuk mendorong ekonomi yang lebih berdaya secara digital di Indonesia. Selain itu, Rachmat Kaimuddin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, juga membagi wawasan tentang transformasi digital di Indonesia.

Forum ini juga menghadirkan pembicara dari bank-bank di India dan Hong Kong yang berbagi pengalaman mereka dalam menghadirkan produk dan solusi inovatif kepada konsumen dan bisnis di negara-negara tersebut. Pembicara lain dalam forum ini antara lain CEO dan perwakilan perusahaan fintech dan ecommerce di Indonesia.

Navin Jain, President Director, PT Mastercard Indonesia, mengatakan, “Mastercard Customer Forum memenuhi tujuannya untuk menyatukan para pemimpin industri perbankan dan pembayaran di Indonesia dengan para ahli dari berbagai negara. Forum ini memberikan wawasan kepada para pelanggan dan mitra Mastercard untuk membantu mereka meningkatkan bisnis mereka di era digital.”

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan dan mitra yang berharga, acara ini menghadirkan pengalaman yang tak ternilai. Para tamu disuguhi grand gala dinner dengan menu yang dikuratori secara khusus oleh koki Soleil Restaurant, restoran pemenang penghargaan yang telah diakui sebagai salah satu Restoran Terbaik dan Brunch Termewah di Dunia, serta pertunjukan oleh artis-artis ternama Indonesia.

Acara ini berlangsung dengan sukses, karena adanya hubungan yang diperkuat dan ikatan baru yang terbentuk. Forum ditutup dengan antusias peserta yang menantikan acara berikutnya di tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper