Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Punya Saham 10 Persen di Bank Index, Fintech Modalku Berminat Akuisisi?

PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) menyebutkan pihaknya belum memiliki rencana untuk melakukan aksi korporasi seperti mengakuisisi bank.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 22 November 2022  |  16:10 WIB
Punya Saham 10 Persen di Bank Index, Fintech Modalku Berminat Akuisisi?
Reynold Wijaya (CEO & Co-Founder Modalku) dan Iwan Kurniawan (COO & Co-Founder Modalku). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform keuangan berbasis  teknologi, PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) menegaskan belum memiliki rencana untuk melakukan aksi korporasi menjadi pengendali di perbankan. Saat ini, Modalku menjadi pemegang saham minoritas di PT Bank Index Selindo.

Merujuk laporan keuangan Bank Index pada kuartal III/2022, Modalku menjadi pemegang saham melalui Funding Asia Group, Pte. Ltd dengan kepemilikan 10 persen saham Bank Index. Investasi yang dilakukan pada April 2022 lalu itu juga bermitra dengan Carro, platform jual beli otomotif.

 Dengan sangat pasti, kami tidak ada rencana untuk mengakuisisi perbankankarena berbagai macam hal. Namun satu sisi, mahal sekali untuk mengakuisisi perbankan. Jadi [modalku] tidak bijak mengakuisisi sesuatu yang sebenarnya tidak perlu,” kata Co-Founder Modalku Reynold Wijaya dalam acara konferensi pers bertajuk ‘Launching of Modalku Finance’ di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Reynold menilai apabila perusahaan melakukan akuisisi bank, maka itu akan menjadikan Modalku memiliki kepentingan dan membuat masyarakat bimbang untuk melakukan pinjaman. Pasalnya, ungkap Reynold, Modalku memiliki visi untuk meningkatkan financial inclusion untuk UMKM. Alhasil, pihaknya lebih memilih untuk bekerja sama dibandingkan untuk mengakuisisi.

Sedangkan kepemilikan minoritas di Bank Index dilakukan karena pihaknya ingin mendorong beberapa produk yang dirasa bagus untuk UMKM. Di samping itu, Bank Index juga memiliki satu visi dengan Modalku, yaitu menyasar UMKM. Namun, hal yang terpenting, lanjut Reynold, kolaborasi dengan perbankan merupakan jalan untuk bisa bekerja sama.

Kalau kami mengakuisisi Bank Index, maka kolaborasi tidak akan ada. Yang ada kami jalan sendiri. Itu salah satu yang tidak kita mau,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Modalku fintech pinjol perbankan
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top