Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi Dompet Digital Emtek & Lazada (Dana) Hadapi Bayang Resesi Global 2023

Perusahaan patungan Emtek Group dan Lazada dalam bisnis dompet digital, PT Espay Debit Indonesia Koe (Dana) menyiapkan racikan strategi untuk 2023.
Karyawati beraktivitas di dekat logo Dana di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawati beraktivitas di dekat logo Dana di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan patungan Emtek Group dan Lazada dalam bisnis dompet digital, PT Espay Debit Indonesia Koe (Dana) telah menyiapkan sejumlah racikan strategi dalam mengarungi bayang-bayang resesi global 2023.

VP of Communication Dana Putri Dianita Ruswaldi menuturkan bahwa pihaknya selalu berupaya untuk berkembang dengan sehat dan memiliki rencana bisnis yang berkelanjutan.

“Kami memiliki model bisnis yang sudah teruji, dan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk para pelanggan DANA, serta melakukan inovasi dan evaluasi terus-menerus untuk hal itu,” ujar Putri kepada Bisnis, Selasa (28/11/2022).

Putri menilai bahwa keberlanjutan bisnis perusahaan terus terbukti dari pertumbuhan pengguna dan jumlah transaksi yang konsisten menunjukkan perkembangan positif, serta kepercayaan para investor terhadap visi, strategi, dan peran penting DANA dalam memajukan inklusi keuangan dan literasi di Indonesia bagi masyarakat.

Sampai dengan November 2022, Dana telah memiliki 130 juta pengguna di seluruh Indonesia dan mengalami pertumbuhan transaksi. Putri mengatakan bahwa kinerja tersebut didukung dari investor lokal dan regional bersama dengan dukungan yang berkelanjutan dari konsumen, mitra layanan keuangan, serta pemerintah.

“DANA berada di posisi yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan platform ekosistem terbukanya yang mendukung digitalisasi Indonesia yang cepat,” imbuhnya.

Di samping itu, Dana juga menyadari pentingnya keselarasan antara membangun kesejahteraan karyawan dengan kinerja karyawan dalam berinovasi untuk negeri, di mana Dana memiliki lebih dari 900 karyawan. 

“DANA terus membuka kesempatan kepada anak bangsa untuk bergabung bersama DANA dan berkontribusi langsung mewujudkan transformasi keuangan digital,” tuturnya.

Belum lama ini, Dana juga menghadirkan layanan berupa Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai (QRIS TTS) yang diharapkan dapat menciptakan interkoneksi dan interoperabilitas antar Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) melalui QRIS TTStermasuk DANA. Dengan inovasi baru QRIS TTS yang diinisiasikan bank sentral akan memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi tarik tunai maupun setor tunai hanya dengan memindai kode QRIS yang ada di mitra merchant QRIS. Sementara melalui QRIS transfer, pengguna juga dapat dengan mudah melakukan transfer antar PJP.

Selain penarikan tunai, pengguna dapat melakukan isi ulang saldo dengan cara menyetor sejumlah uang tunai kepada mitra dan memindai QRIS TTS yang tertera,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper