Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Financing to Asset Ratio Leasing Melonjak, Pertanda Apa?

Financing to Asset Ratio (FAR) di industri multifinance tercatat di angka 85,24 persen pada September 2022.
Pengunjung melintas di depan logo Otoritas Jasa Keuangan beberapa waktu lalu di Jakarta. Bisnis/Abdurachman
Pengunjung melintas di depan logo Otoritas Jasa Keuangan beberapa waktu lalu di Jakarta. Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Sepanjang 9 bulan pertama 2022, kinerja keuangan perusahaan pembiayaan atau leasing di Tanah Air terus mengalami perbaikan.

Berdasarkan data Statistik Lembaga Pembiayaan periode September 2022 yang dirilis pada Kamis (3/11/2022), Financing to Asset Ratio (FAR) di industri multifinance tercatat di angka 85,24 persen pada September 2022. Sebagai perbandingan, rasio itu meningkat 1,88 persen atau 188 basis poin (bps) dari periode yang sama tahun lalu di level 83,36 persen.

“Di sisi produktivitas, angka [pada kinerja multifinance] cukup baik di angka 85,24 persen. Ini indikator yang sudah cukup optimal dengan kondisi pendanaan yang masih cukup selektif dari sektor perbankan,” ujar Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) 2B OJK Bambang W. Budiawan dalam Seminar Online APPI bertajuk 'Tantangan Ketidakpastian Ekonomi Global 2023', Selasa (29/11/2022).

Untuk diketahui, Financing to Asset Ratio atau FAR sendiri merupakan rasio perbandingan piutang pembiayaan terhadap total aset.

Bambang menilai bahwa rasio tersebut berada di kisaran yang cukup bagus. “Di range 85,24 persen cukup bagus. Artinya, sumber dana yang dihimpun multifinance berhasil dioptimalkan dalam bentuk piutang pembiayaan memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi yang tumbuh positif,” kata Bambang kepada Bisnis, Selasa (29/11/2022).

Sementara itu, gearing ratio (GR) perusahaan pembiayaan juga tercatat sebesar 2,0 kali, jauh di bawah batas maksimum 10 kali.

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Ogi Prastomiyono menyampaikan bahwa nilai outstanding piutang pembiayaan tumbuh 10,68 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada September 2022 menjadi sebesar Rp397,42 triliun. Pertumbuhan ini didukung oleh pembiayaan modal kerja dan investasi yang masing-masing tumbuh sebesar 27,1 persen yoy dan 21,7 persen yoy.

Di samping itu, profil risiko perusahaan multifinance juga terpantau masih terjaga dengan rasio non-performing financing (NPF) tercatat turun menjadi sebesar 2,58 persen. Sementara itu, outstanding pembiayaan yang direstrukturisasi terus menurun, di mana per September 2022 tercatat nilai financing at risk adalah sebesar 14,56 persen dari total outstanding pembiayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper