Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyediaan Uang di Wilayah 3T, BI Gelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023

Bank Indonesia menghadirkan layanan penyediaan uang rupiah layak edar melalui kas keliling bagi masyarakat di wilayah terdepan, terluar, dan terpencil.
Foto gambar mata uang rupiah dengan nominal Rp100.000. - Bloomberg/Brent Lewin
Foto gambar mata uang rupiah dengan nominal Rp100.000. - Bloomberg/Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) kembali menggelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023 bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) untuk menghadirkan layanan penyediaan uang rupiah layak edar melalui kas keliling bagi masyarakat di wilayah terdepan, terluar, dan terpencil (3T).

Pemberangkatan perdana kas keliling tahun 2023 menggunakan armada Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), dilakukan di Pelabuhan Ahmad Yani, Ternate, Maluku Utara, pada Jumat (27/1/2023).

Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman menyampaikan bahwa kondisi geografis NKRI, terutama di wilayah 3T, masih menjadi tantangan. 

“Dengan kegiatan ini, bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat terkait uang dengan kualitas yang layak edar, tetapi juga adanya kebahagiaan oleh perhatian dari kunjungan BI dan TNI AL,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis.com, Sabtu (28/1/2023).

Aida mengatakan, kegiatan ERB merupakan salah satu implementasi Perjanjian Kerja Sama antara BI dengan TNI AL mengenai pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang rupiah dari dan ke BI atau Perwakilan BI serta wilayah perbatasan, terdepan, dan terluar serta terpencil di NKRI.

Acara peluncuran ini akan berlangsung mulai dari 27 Januari hingga 1 Februari 2023, dimana KRI Teluk Weda-526 akan mengunjungi 5 lima pulau terluar yaitu Pulau Taliabu, Pulau Sula, Pulau Obi, Pulau Bacan, dan Pulau Mayau.

ERB 2023 pun turut menghadirkan kegiatan layanan kas keliling, edukasi cinta bangga paham rupiah, dan program bantuan sosial dedikasi untuk negeri. 

Pada 2022, BI mencatat realisasi penukaran di 16 provinsi dan 81 pulau dengan nilai penukaran uang rupiah sebesar Rp54,3 miliar.

Sementara pada 2023 ini, terdapat peningkatan intensitas menjadi 17 kali kegiatan di 17 provinsi dengan target kunjungan ke 85 pulau di wilayah 3T.

Aida menambahkan, mulai 2023, cakupan kerja sama BI dan TNI AL akan diperluas, diantaranya dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk melakukan penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh, serta Bakti Kesehatan oleh TNI AL berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper