Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Jurus Indonesia Re Pulihkan Kinerja di 2023

Indonesia Re akan merealisasikan langkah strategis dalam sejumlah area, baik operasional, teknis, dan infrastruktur penunjang keberhasilan inisiatif strategis.
Logo Indonesia RE
Logo Indonesia RE

Eksplorasi Bisnis Baru

Di samping perbaikan portofolio, Indonesia Re pun berencana melakukan eksplorasi bisnis baru untuk 2023 untuk melanjutkan pemulihan kinerja. Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan cedant dan stakeholder lain, di antaranya dengan menyiapkan asuransi untuk mobil listrik, pembangunan Ibu Kota Negara, pengembangan reasuransi untuk aset BUMN, dan energi terbarukan.
 
Benny menjelaskan asuransi properti masih menjanjikan pada 2023 sehingga Indonesia Re akan melakukan penjajakan mengenai penutupan aset BUMN. Perusahaan juga akan mengeksplorasi bisnis lainnya yang juga mendukung program pemerintah, tren kendaraan bermotor listrik, serta area bisnis baru lainnya.
 
Untuk lini bisnis reasuransi jiwa, Indonesia Re akan secara aktif meningkatkan porsi bisnis produk asuransi individu jiwa. Pasalnya, lini bisnis ini selalu memberikan hasil positif dalam portofolio Indonesia Re.
 
Pada 2019, porsi asuransi individu jiwa dalam portofolio bisnis perseroan mencapai 26 persen, sedangkan hingga September 2022 porsinya meningkat menjadi 38 persen.
 
Strategi lain yang akan ditempuh Indonesia Re adalah perbaikan pengelolaan aset atau portofolio Investasi. Hal ini ditempuh melalui penguatan tata kelola, kebijakan investasi dengan pendekatan liability driven Investment dan strategi yang lebih memprioritaskan aspek solvabilitas dan manajemen risiko.
 
Indonesia Re juga akan memacu efisiensi biaya dengan pemanfaatan teknologi secara optimal yang diharapkan memberikan dampak positif dalam hal penghematan biaya operasional perusahaan.
 
Selain itu, Indonesia Re merencanakan penguatan permodalan. Benny mengatakan Kementerian BUMN memberikan sinyal positif terkait dukungan penambahan modal kepada Indonesia Re pada 2023. Pihaknya saat ini sedang menunggu surat resmi KBUMN terkait dukungan penambahan modal.
 
Dalam hal ini, Indonesia Re juga sedang melakukan pengajuan tambahan modal kepada pemegang saham melalui PMN [penyertaan modal negara] dan untuk memperbaiki struktur permodalan Perusahaan mengusulkan untuk mengkonversi liabilitas RDI menjadi PMN nontunai.
Saat ini, program perbaikan portofolio di Indonesia Re sudah on the track dan hasilnya sudah dirasakan di akhir tahun 2022, di mana tingkat profitabilitas reasuransi jiwa Indonesia Re sudah mengalami kenaikan yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2021.
 
Adapun, berdasarkan laporan keuangan unaudited per kuartal IV/2022, Indonesia Re membukukan kerugian sebesar Rp261,62 miliar. Tercatat mengalami perbaikan sekitar 50,52 persen dibandingkan tahun sebelumnya yakni minus Rp517,86 miliar. Adapun, rasio pencapaian solvabilitas atau risk based capital (RBC) perseroan tercatat sebesar 129,09 persen. 
 
Benny menjelaskan kinerja bisnis perseroan itu dipengaruhi sejumlah faktor. Salah satunya adalah portofolio bisnis reasuransi jiwa yang sangat terdampak oleh lonjakan klaim dari produk asuransi kesehatan dan AJK akibat merebaknya varian Delta Covid-19 pada kuartal IV/2021.
 
Lini bisnis reasuransi jiwa, jelasnya, masih terdampak klaim Covid-19 pada 2021 lantaran pelaporan klaimnya masuk di kuartal I/2022 atau mengalami keterlambatan (claim delay). Di samping itu, masih ada klaim Covid-19 yang terjadi pada 2022 yang mayoritas berasal dari produk asuransi kesehatan.
 
Namun sampai dengan bulan Desember 2022, total klaim Covid-19 sudah jauh menurun dibandingkan dengan tahun 2021. Total klaim Covid-19 2021 sebesar Rp325 miliar dan total klaim Covid-19 sampai Desember 2022 sebesar Rp98 miliar.
 
Dampak Covid-19 juga memengaruhi kinerja underwriting sektor reasuransi umum. Secara tidak langsung, lini usaha aneka khususnya lini finansial yang mencakup suretyship dan asuransi kredit, membukukan  nilai klaim sekitar Rp200 miliar pada 2021. Sampai dengan Desember 2022, hasil underwriting sektor asuransi kredit minus Rp123 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper