Kinerja Positif, SeaBank Cetak Untung dan Kredit Meroket di 2022

PT Bank Seabank Indonesia (SeaBank) mencatatkan kinerja keuangan yang positif sepanjang tahun 2022.
Foto: Tangkapan Layar Aplikasi SeaBank/Istimewa
Foto: Tangkapan Layar Aplikasi SeaBank/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Seabank Indonesia (SeaBank) mencatatkan kinerja keuangan yang positif sepanjang tahun 2022, hal ini terlihat dari laporan keuangan publikasi yang diunggah di situs resmi SeaBank Indonesia.

Untuk pertama kalinya sejak melakukan transformasi digital di tahun 2020, bank yang merupakan bagian dari SEA Limited (NYSE: SEA) ini berhasil membukukan laba sebelum pajak penghasilan sebesar Rp59,5 miliar hingga akhir kuartal IV 2022. Hal ini berbanding terbalik dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, di mana perusahaan belum membukukan keuntungan.

SeaBank berhasil merubah rugi menjadi untung dengan membukukan laba bersih di tahun 2022 sebesar Rp269,2 miliar, meningkat sebesar Rp582,6 miliar atau 186% dibandingkan tahun 2021 dimana bank membukukan rugi sebesar Rp313,4 miliar.

Saat dihubungi jurnalis Bisnis Indonesia Presiden Direktur SeaBank Indonesia, Sasmaya Tuhuleley mengatakan capaian positif tersebut menandakan kinerja SeaBank selama setahun ke belakang telah efektif dan efisien. Sasmaya juga yakin keberhasilan SeaBank di tahun 2022 adalah hasil dukungan dan kepercayaan nasabah yang terus meningkat.

“Tentu kami bersyukur dengan capaian ini. Kami senang, kinerja kami telah berjalan secara efektif dan efisien selama setahun ke belakang. Tentunya ini merupakan hasil kerja keras dari SeaBank Team, serta dukungan kepercayaan nasabah yang terus meningkat. Terima kasih.” ungkap Sasmaya.

Capaian positif SeaBank di tahun 2022 dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pertumbuhan penyaluran kredit dari baik melalui ekosistem grup maupun yang tidak. Hingga akhir tahun 2022 jumlah kredit yang diberikan tercatat sebesar Rp15,9 triliun, meningkat Rp9,8 triliun atau 160% dibandingkan tahun 2021 yang sebesar Rp6,1 triliun.

Penyaluran kredit yang dilakukan SeaBank dijalankan dengan prinsip kehati-hatian sehingga rasio kredit bermasalah atau gross non-performing loan berada pada level 2,03% dan net non-performing loan berada pada level 0,13% di tahun 2022.

“Di SeaBank kami terus memegang komitmen serve the underserved tentunya dengan prinsip kehati-hatian dalam melaksanakan segala kegiatan operasional. Sehingga nasabah tidak perlu khawatir menaruh uangnya, dan bisa terus merasa aman tumbuh bersama SeaBank.” jelas Sasmaya.

Kinerja Positif, SeaBank Cetak Untung dan Kredit Meroket di 2022

Foto: Kantor SeaBank - Istimewa

Dari sisi pendanaan, SeaBank berhasil mengoptimalkan perolehan dana pihak ketiga (DPK) dari simpanan nasabah dengan menawarkan besaran suku bunga yang bersaing dengan bank lain di Indonesia sepanjang tahun 2022. Total DPK dari simpanan nasabah yang berhasil dicatat SeaBank sepanjang 2022 adalah Rp21,6 triliun, meningkat Rp13,3 triliun atau 158% jika dibandingkan dengan perolehan tahun 2021 yakni Rp8,3 triliun.

Peningkatan DPK dari simpanan nasabah yang besar di SeaBank didorong oleh kenaikan jumlah nasabah produk tabungan digital dibandingkan tahun 2021 akibat dari suku bunga yang kompetitif dan berbagai promosi menarik yang dilakukan selama tahun 2022, serta peluncuran produk deposito digital di bulan Juni 2022.

Kinerja Positif, SeaBank Cetak Untung dan Kredit Meroket di 2022

Foto: Sasmaya Tuhuleley (Presdir SeaBank Indonesia) - Istimewa

Pertumbuhan juga terjadi pada besaran total aset SeaBank di akhir 2022. Per 31 Desember 2022 bank membukukan total aset sebesar Rp28,2 triliun, meningkat Rp17,2 triliun atau 156% dibandingkan tahun 2021 yang sebesar Rp11 triliun. 

“Untuk 2023, SeaBank optimis akan menjadi tahun yang lebih baik. Kami juga berjanji akan berusaha terus menghadirkan inovasi produk, layanan, dan program menarik bagi seluruh nasabah SeaBank di Indonesia. ” jelas Sasmaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper