Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas Penipuan! Waspada Pesan WA Tarif Transaksi BNI Naik jadi Rp150.000

Masyarakat perlu mewaspadai modus penipuan pesan WA yang memberitahukan kenaikan tarif transaksi BNI menjadi Rp150.000 per bulan.
Ilustrasi penipuan online. Dok Freepik
Ilustrasi penipuan online. Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat perlu waspada jika mendapatkan pesan yang dikirimkan melalui Whatsapp mengatasnamakan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI dengan pemberitahuan kenaikan tarif transaksi.

Dalam selembar surat berkop BNI yang didapatkan Bisnis melalui pesan WA, disebutkan biaya transaksi dari semula Rp6.500 per transaksi diganti dengan biaya yang baru Rp150.000 per bulan melalui autodebet dari rekening tabungan. Biaya transaksi bulanan ini sifatnya tak terbatas atau unlimited.  

“Sehubungan adanya pembaharuan dari layanan bank, untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan nasabah bertransaksi dari bank BNI SMS Notifikasi/Banking. Mulai nanti malam pergantian hari dan tanggal untuk seluruh biaya transaksi berubah menjadi biaya bulanan,” tulis surat pengumuman palsu tersebut. 

Adapun, modus penipuan itu menyebutkan adanya perubahan skema tarif itu akan diuji coba dalam enam bulan ke depan. Surat palsu itu juga meminta nasabah untuk mengonfirmasi persetujuan kebijakan tersebut. 

Oknum tersebut pun menyatakan, apabila tidak ada konfirmasi sama sekali, maka nasabah dianggap setuju dengan dipotong langsung atau autodebet sebesar Rp150.000 dari rekening tabungan di BNI.

Adapun, apabila surat tersebut dikonfirmasi, nantinya surat itu mengarahkan para calon korban untuk membuka link atau tautan yang mengarah ke situs web yang dibuat mirip dengan situs web BNI. 

Awas Penipuan! Waspada Pesan WA Tarif Transaksi BNI Naik jadi Rp150.000

Surat Penipuan Modus Perubahan Tarif Transaksi BNI

Setelah membuka tautan tersebut, calon korban akan digiring untuk mengisi data pribadi seperti nomor kartu ATM, expiry date kartu, Card Verification Value (CVV) atau Card Verification Code (CVC), nomor personal identification number (PIN), kode akses, dan kode one-time password (OTP). 

Setelah memasukkan data pribadi, pelaku penipuan online dapat mengambil alih rekening korban dan memindahkan dana yang ada di sana.

Tanggapan BNI

Melansir dari situs resmi perusahaan, Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menyebut BNI tidak memiliki rencana untuk menaikan biaya transfer antar bank. Oleh karena itu, informasi yang mengatasnamakan BNI tersebut dipastikan palsu dan terindikasi modus penipuan.

Okki pun mengingatkan nasabah untuk tetap berhati-hati dan tidak membuka link atau tautan attachment yang mencurigakan yang dikirim melalui aplikasi pesan elektronik atau email dari nomor dan alamat yang tidak dikenal.

Dia juga meminta masyarakat tidak mudah percaya terhadap akun media sosial yang mengatasnamakan BNI. 

Menurut Okki, penting bagi nasabah untuk selalu melakukan verifikasi keaslian pesan atau pemberitahuan yang diterima dengan menghubungi saluran resmi BNI yang telah terverifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper