Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank BTPN Ungkap Kredit Jenius Kontribusi Rp1 Triliun

Bank BTPN per Juni 2023 mencapai Rp148,71 triliun, dari jumlah ini kredit Jenius menyumbang 0,7 persen atau sekitar Rp1,04 triliun.
Aplikasi dan Kartu Jenius/jenius.com
Aplikasi dan Kartu Jenius/jenius.com

Bisnis.com, BANDUNG — PT Bank BTPN Tbk. (BTPN) mencatat kredit yang dikucurkan Jenius baru mencapai 0,7% dari total kredit perusahaan pada 6 bulan pertama 2023. 

Direktur Utama Bank BTPN Henoch Munandar mengatakan total kredit Bank BTPN per Juni 2023 mencapai Rp148,71 triliun. Artinya, lini keuangan digital Bank BTPN ini menyumbang kredit Rp1,04 triliun. Sedangkan dari jumlah total, kredit korporasi masih menjadi pemegang porsi terbesar yakni mencapai 67%.

“Tapi dibandingkan dengan besaran loan BTPN di kisaran Rp145 triliun, itu [Jenius] mungkin masih sekitar 0,7%. Kami lihatnya positif [memiliki ruang tumbuh],” kata Henoch dalam Media Gathering Bank BTPN di Bandung, Kamis (30/11/2023).

Henoch berharap kucuran kredit melalui Jenius dapat terus bertumbuh dengan pertumbuhan yang bertanggung jawab. Pasalnya, perusahaan memiliki manajemen risiko (risk management).

“Jadi ke depan saya berharap, suatu saat Ibu Anita [Jenius] dan tim bisa mencatat kontribusi [kredit Jenius] yang cukup besar terhadap portofolio tetapi secara sehat,”  pungkasnya.

Di sisi lain, Bank BTPN juga memperluas portofolio pembiayaan berkelanjutan atau pendanaan ke sektor hijau. Tercatat per 30 Juni 2023, sebesar Rp14,17 triliun portofolio pembiayaan Bank BTPN diarahkan untuk kegiatan bisnis yang berkelanjutan.

Head of Wholesale, Commercial, and Transaction Banking Bank BTPN Nathan Christianto mengatakan Rp7,63 triliun atau setara 5% dari total pembiayaan Bank BTPN untuk berbagai kegiatan bisnis berkelanjutan sesuai klasifikasi dalam pedoman teknis atas penerapan POJK 51, termasuk untuk UMKM.

Jika dirinci, pembiayaan energi terbarukan (EBT) Bank BTPN mencapai Rp1,11 triliun, efisiensi energi Rp443 miliar, pengelolaan sumber daya alam (SDA) hayati dan lahan berkelanjutan senilai Rp4,79 triliun, dan transportasi ramah lingkungan senilai Rp279 miliar.

Adapun pembiayaan properti hijau adalah Rp760 miliar dan produk coefficient mencapai Rp240 miliar. Serta, pembiayaan UMKM senilai Rp6,54 triliun.

Selain meningkatkan portofolio hijau, Bank BTPN juga memiliki program Daya yang merupakan program berkelanjutan yang berfokus untuk memberdayakan dan meningkatkan kapasitas nasabah serta masyarakat.

Melalui program Daya, Bank BTPN menyediakan sarana peningkatan kapasitas masyarakat di semua segmen, dari segmen korporasi hingga masyarakat mikro. Sampai dengan akhir Juni 2023, program Daya telah diikuti oleh 1.529.194 atau naik 10% yoy penerima manfaat melalui 5.019 atau naik 77% yoy kegiatan di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper