Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Keuangan Bagi Pelajar dan Mahasiswa agar Tidak Boros

Biaya hidup yang paling besar saat menjadi pelajar dan mahasiswa adalah makanan. Simak beberapa tips agar hemat dan tidak boncos.
Tips mengajari anak menabung/Hmong Times
Tips mengajari anak menabung/Hmong Times

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi sebagian mahasiswa, menyewa apartemen atau kosan dan biaya hidup mayoritas berasal dari orang tua. Simak tips menghemat pengeluaran agar tidak boros.

Saat mahasiswa dan pelajar mendapatkan uang bulanan yang terbatas, maka ada beberapa tips  yang  bisa  dilakukan agar tidak boros dan belanja sesuai kebutuhan. Tentunya, menjadi menjadi orang yang hemat bukanlah perkara yang mudah, bila Anda terbiasa menghambur-hamburkan uang.

Dilansir dari Essay Service, berikut adalah 11  tips keuangan bagi palajar dan mahasiswa:

1. Mulai Memasak

Memasak akan membantu Anda menghemat agar Anda tidak sering mengunjungi kafe dan restoran. Selain itu, Anda juga bisa memasak makanan sendiri lebih sehat. 

Jika Anda tetap ingin kencan atau menghabiskan waktu bersama teman-teman, cobalah membeli minuman di toko dan bersantai di rumah. 

2. Membawa Makan Siang

Kotak makan siang tidak memakan banyak ruang di tas Anda dan makanan yang disimpan di lemari es semalaman tidak akan basi dari pagi hingga makan siang.

3. Lebih Sering Berjalan

Menghabiskan uang untuk taksi, bensin, atau menggunakan persewaan mobil membuat Anda kurang menghabiskan waktu untuk menghirup udara segar. 

Selain itu, Anda bisa sekaligus berolahraga dan menghemat uang untuk langganan ke klub olahraga. Hal ini merupakan cara yang bagus untuk memotong pengeluaran Anda.

4. Lakukan Perencanaan Penghematan Uang

Perencanaan penghematan uang yang tepat bisa dilakukan dengan memperhatikan diskon, penjualan, atau promosi yang berbeda. Namun, Anda harus memperhatikan kedaluwarsa makanan karena dapat membahayakan kesehatan. Anda bisa membeli makanan yang masih terlihat bagus dengan harga lebih murah.

5. Menghemat Hiburan

Kehidupan mahasiswa seringkali membutuhkan istirahat yang layak, klub malam, bioskop, dan jenis hiburan lainnya. 

Namun, cobalah hiburan yang murah dan memungkinkan Anda untuk menikmati diri sendiri tanpa menghabiskan banyak uang, sehingga Anda masih bisa tetap berpegang pada rencana tabungan uang.

6. Membuat Daftar Belanja Selama Sebulan

Membuat daftar belanja dapat mengurangi pembelian impulsif yang dapat merusak anggaran. Sebaiknya, Anda mengambil makanan yang Anda butuhkan dalam jumlah yang tepat.

tips keuangan bagi pelajar
tips keuangan bagi pelajar

7. Periksa Sebelum Membeli Buku

Sebelum membeli buku, periksa di web. Sekarang Anda dapat mengunduh banyak literatur secara gratis. Jika Anda tidak dapat menemukan di web, Anda bisa menggunakan perpustakaan.

8. Menyewa Tempat Tinggal Bersama Teman

Tinggal di asrama tidak cocok untuk semua mahasiswa, dan menyewa apartemen di kota besar akan membutuhkan biaya yang cukup besar. 

Anda dapat menawarkan beberapa teman baik untuk tinggal satu apartemen. Meskipun menyerupai asrama, kondisi seperti ini lebih banyak ruang kosong.

9. Mencari Pekerjaan Paruh Waktu

Pekerjaan penuh waktu biasanya tidak baik bagi kinerja akademik siswa. Namun, Anda tidak bisa hidup dengan mengandalkan beasiswa. 

Situs web pekerjaan dan agen perekrutan dapat membantu Anda menemukan pekerjaan yang tepat. Pekerjaan ini akan membuat Anda lebih mudah untuk beradaptasi dengan kondisi kehidupan dan mengasah keterampilan profesional yang diperoleh di universitas.

10. Menyingkirkan Hal yang Tidak Perlu

Menawarkan mahasiswa baru untuk membeli buku teks, catatan kuliah, dan materi untuk mempersiapkan ujian selama studi Anda yang telah Anda kumpulkan. 

Mahasiswa baru penuh dengan keinginan untuk mendapatkan pengetahuan dengan segala cara yang mungkin membuatnya dengan senang hati membeli barang-barang dari Anda.

11. Memilih Kartu Kredit Dengan Bijak

Pilih kartu kredit dengan periode bebas bunga, bunga bulanan pada saldo dana, kemampuan untuk menerima diskon di toko saat membayar dengan kartu ini.

Jangan pernah menunda pembayaran bulanan Anda. Semakin lama Anda membayar hutang kartu kredit Anda, semakin banyak biayanya dan jangan pernah mengambil pinjaman di masa depan. Pinjaman mahasiswa adalah jebakan besar yang akan merusak penghematan uang Anda. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper