Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jago (ARTO) Tambah Fitur Tabungan Syariah di GoPay, Apa Untungnya?

PT Bank Jago Tbk. (ARTO) hari ini, Selasa (5/12/2023), meluncurkan GoPay Tabungan Syariah by Jago.
Karyawati melayani nasabah di kantor cabang Bank Jago, Jakarta, Selasa (19/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawati melayani nasabah di kantor cabang Bank Jago, Jakarta, Selasa (19/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Jago Tbk. (ARTO) memperkenalkan GoPay Tabungan Syariah by Jago, setelah sebelumnya meluncurkan GoPay Tabungan by Jago pada Oktober tahun ini.

Upaya ini dilakukan untuk memperkuat mesin dana murah (current account savings account/CASA) Bank Jago. Perlu diketahui, perhitungan dana murah alias CASA perbankan dilihat dari tabungan dan giro.

Jika melihat pendanaan Bank Jago, perusahaan mampu meraup dana pihak ketiga (DPK) senilai Rp10,3 triliun atau tumbuh 41% yoy pada September 2023. Dana murah mendominasi komposisi DPK sebesar 73%. 

Head of Sharia Business Bank Jago Waasi Sumintardja mengatakan bahwa bagi UUS Bank Jago, peluncuran GoPay Tabungan Syariah by Jago ini dilakukan untuk mengumpulkan dana nasabah. Di mana, dana ini akan digunakan perusahaan untuk aktivitas keuangan dan bisnis syariah Bank Jago.

“Produk Bank Jago ini lebih ke arah penampung uangnya alias rekening. Uangnya mesti disimpan di ember, embernya yang sebelumnya bentuk e-wallet sekarang menjadi tabungan syariah,” kata Waasi di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Dengan GoPay Tabungan Syariah by Jago, lanjutnya, masyarakat akan mendapatkan kemudahan dan ketenangan dalam melakukan berbagai transaksi di aplikasi GoPay yang ditujukan bagi masyarakat luas, khususnya yang ingin mendapatkan layanan keuangan berbasis syariah. Pasalnya, inovasi ini menggunakan prinsip akad wadiah yang sesuai dengan fatwa DSN MUI.

Di samping itu, Waasi menjelaskan bahwa mesin pengumpul dana ini juga diluncurkan sekaligus untuk mendorong inklusi keuangan syariah di Indonesia.

Head of Marketing Money Management GoPay Kiki Apriyani mengklaim bahwa GoPay Tabungan Syariah by Jago ini sebagai inovasi pertama di Indonesia. Dia mengatakan bahwa melalui inovasi ini, masyarakat tidak lagi dicemaskan dengan batasan saldo minimum dan biaya admin bulanan.

Lebih lanjut, Kiki mengklaim bahwa GoPay Tabungan Syariah by Jago juga aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Kiki juga menuturkan kehadiran GoPay Tabungan Syariah by Jago ini juga bisa meningkatkan pangsa pasar keuangan syariah di Indonesia. Sebab, populasi Muslim di Indonesia mencapai 241,7 juta jiwa pada 2022 atau sekitar 87,02% dari total populasi.

Sementara itu, berdasarkan data OJK, per Juli 2023 pangsa pasar keuangan syariah (Bank dan IKNB syariah) di Indonesia baru mencapai 7,16% dari total aset keuangan nasional.

Kiki menjabarkan sejumlah manfaat GoPay Tabungan Syariah by Jago, di antaranya layanan GoPay yang simpel. Melalui aplikasi GoPay atau Gojek, kata Kiki, pengguna dapat mengubah saldo GoPay menjadi GoPay Tabungan Syariah by Jago hanya dalam waktu dua menit.

Kemudian, tidak ada minimum saldo dan biaya administrasi bulanan. Seperti GoPay, pengguna bisa top-up dan bertransaksi dengan GoPay Tabungan Syariah by Jago kapan saja dan di mana saja. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan top-up di Alfamart, Indomaret, driver Gojek, ATM, dan channel lainnya.

Di samping itu, juga bisa digunakan di seluruh merchant yang menerima GoPay sebagai metode pembayaran, termasuk untuk pembayaran di aplikasi Gojek, Tokopedia, QRIS, serta merchant online dan offline lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper