Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandala Finance (MFIN) Siap Gelar RUPSLB, Bahas Akuisisi Adira?

Mandala Finance (MFIN), yang dikabarkan sedang menjalani proses akuisisi oleh Adira, bakal menggelar RUPSLB.
Mandala Finance/mandalafinance.com
Mandala Finance/mandalafinance.com

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan leasing PT Mandala Finance Tbk. (MFIN) mengumumkan akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada bulan depan. Lantas, mata acara apa yang akan dibahas dalam RUPSLB?

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Sabtu (6/1/2024), RUPSLB Mandala Finance akan diselenggarakan pada Selasa, 13 Februari 2024. Namun, Mandala Finance belum menyampaikan mata acara yang bakal dibahas dalam RUPSLB nanti.

Direksi Mandala Finance menyampaikan pemanggilan dan mata acara rapat akan diumumkan pada Senin, 22 Januari 2024 melalui situs web penyedia e-RUPS, situs web BEI dan situs web Mandala Finance.

Adapun, yang berhak hadir dalam rapat adalah untuk saham-saham MFIN yang belum dimasukkan ke dalam penitipan kolektif, hanyalah pemegang saham tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada 19 Januari 2024 pukul 16.00 WIB.

Kemudian, untuk saham-saham MFIN yang berada dalam penitipan kolektif KSEI, hanyalah pemegang rekening atau kuasa pemegang rekening yang sah, yang namanya tercatat sebagai pemegang saham Perseroan dalam rekening efek bank kustodian atau perusahaan efek dan dalam DPS per 19 Januari 2024 pukul 16.00 WIB.

“Setiap usul pemegang saham akan dimasukkan dalam acara rapat jika memenuhi persyaratan dalam Pasal 21 ayat 9 Anggaran Dasar Perseroan, dan harus diterima direksi perseroan per tanggal 15 Januari 2024,” jelas Direksi Mandala Finance dalam keterbukaan informasi.

Sebelumnya, pada Juni 2023, Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (ADMF) mengumumkan pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan PT Jayamandiri Gemasejati dan beberapa pemegang saham lainnya untuk pengambilalihan 80,6% saham MFIN.

Aksi akuisisi tersebut bernilai Rp7,042 triliun, dengan MUFG mewakili 70,6% saham atau sekitar 1,87 miliar saham, sementara Adira Finance 10% yakni 267 juta saham.

Dengan akusisi tersebut, MUFG Bank dan ADMF ingin memperkuat dan memperluas pembiayaan otomotif di Indonesia.

Perlu diketahui, Mandala Finance merupakan perusahaan leasing yang kegiatan utamanya menyediakan pembiayaan otomotif untuk sepeda motor baru dan pembiayaan multiguna yang dijaminkan dengan sepeda motor di pasar domestik.

Selain itu, latar akuisisi ini karena MFIN adalah perusahaan Indonesia yang kegiatan utamanya menyediakan pembiayaan otomotif untuk sepeda motor baru dan pembiayaan multiguna yang dijaminkan dengan sepeda motor di pasar domestik, dengan keberadaan yang kuat khususnya di Indonesia bagian timur.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Managing Director Mandala Finance Christel Lasmana mengatakan bahwa proses akuisisi dengan MUFG Group masih berjalan. Posisi terakhir, rencana akuisisi tersebut masih menunggu izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Diperkirakan transaksi ini akan selesai pada awal 2024,” kata Christel kepada Bisnis, Kamis (21/12/2023).

Namun, Christel memastikan semua pihak yang terlibat melakukan sinergi berkelanjutan agar semua proses dapat berjalan sesuai jadwal yang ditentukan dan tunduk pada persetujuan-persetujuan yang diperlukan dari OJK, serta persyaratan-persyaratan lainnya dalam proses akuisisi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper